nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Arus Balik Idul Adha, Bandara Juanda Padat dan Penerbangan Delay

Pramono Putra, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 03 519 1768401 waduh-arus-balik-idul-adha-bandara-juanda-padat-dan-penerbangan-delay-1LV9rwt1yb.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

SIDOARJO - Arus balik libur panjang Idul Adha melalui Bandara Juanda mulai meningkat. Sejumlah penerbangan mengalami delay akibat banyaknya penerbangan yang terlambat datang.

Pantauan di lokasi, situasi bandara Juanda Minggu (3/9/2017) siang ini, baik penumpang datang maupun berangkat mulai meningkat. Sementara pihak Angkasa Pura memprediksi, puncak lonjakan arus balik melalui Bandara Juanda akan terjadi pada minggu malam.

Ratusan calon penumpang tampak menumpuk dan menunggu jam keberangkatan pesawat di ruang tunggu bandara. Beberapa maskapai yang mengalami delay antara 60 hingga 90 menit diduga akibat terlambatnya sejumlah penerbangan menuju Bandara Juanda sehingga berdampak pada jam terbang.

Selain itu, terlambatnya pesawat yang datang di Bandara Juanda ini diduga akibat melonjaknya penumpang arus balik dari sejumlah daerah menuju Surabaya. Sementara itu, peningkatan penumpang arus balik melalui bandara Juanda ini juga tidak hanya terjadi pada penumpang berangkat, namun juga yang datang dari sejumlah daerah.

Penumpukan terjadi di ruang tunggu kedatangan penumpang karena banyaknya penumpang yang antre ambil barang yang disimpan di bagasi pesawat. Menurut data Angkasa Pura 1 Surabaya, sejak Minggu pagi hingga siang, jumlah penumpang yang berangkat melalui bandara Juanda sudah mencapai lebih dari 19 ribu orang.

Sementara untuk penumpang datang masih berkisar antara 15 hingga 16 ribu orang. Seperti arus balik pada musim libur pada umumnya, peningkatan penerbangan berangkat melalui bandara Juanda ini didominasi oleh penerbangan menuju Jakarta, Bali serta sejumlah daerah di Pulau Jawa, seperti Solo, Yogyakarta, dan Bandung.

Sedangkan untuk penumpang datang didominasi oleh penumpang dari luar Jawa seperti Makassar, Balikpapan, dan Lombok.

Agus, calon penumpang tampak tengah menunggu kedatangan maskapai penerbangannya di Bandara Juanda. Ia mengaku harus menunggu lebih lama lantaran jam keberangkatan mengalami penundaan. “Ya ini masih nunggu, delay,” katanya,

Hal serupa juga dialami Tina. Bahkan Tina sudah menunggu 1 jam akibat penerbangannya mengalami delay. “Ini delay menunggu 1 jam,” ujarnya.

Sementara itu, terkait kondisi arus balik libur panjang Idul Adha, pihak Angkasa Pura 1 Surabaya memprediksi, puncak lonjakan arus balik melalui Bandara Juanda Sidoarjo akan terjadi pada Minggu malam dengan jumlah penumpang datang dan berangkat diprediksi mencapai sekitar 35 ribu orang.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini