nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh! Dikira Biji Jambu, Teryata Bunga Bangkai Mekar di Halaman Rumah Warga Palembang

Melly Puspita, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 340 1793949 heboh-dikira-biji-jambu-teryata-bunga-bangkai-mekar-di-halaman-rumah-warga-palembang-AaduEzUieD.jpg Bunga bangkai di halaman rumah warga Palembang (Melly/Okezone)

PALEMBANG – Sekuntum bungai bangkai (amorphophallus titanium) mekar di halaman rumah warga di Jalan Riau, RT 2 RW 5, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan. Bunga itu pun menyedot perhatian orang-orang.

Bunga setinggi 55 sentimeter dan berdiameter 50 cm itu tumbuh di halaman rumah Maria Lado Timoe diperkirakan dari sepekan lalu. "Dulu ada bonggolnya. Kami tidak tahu kalau itu bunga bangkai. Baru hari ini ketahuan kalau itu bunga bangkai," tutur Christian Purba, tetangga Maria, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, bunga tersebut kemungkinan besar mekar pada pagi kemarin, karena hari sebelumnya bunga tersebut masih terlihat dalam keadaan kuncup. "Karena sebelumnya masih kuncup bunganya, belum mekar. Mungkin subuh atau pagi mekarnya mekarnya," jelas Christian.

Sebelumnya, pemilik rumah mengira bahwa bunga bangkai yang belum mekar tersebut adalah biji jambu. Ia tidak menyadari bahwa bunga tersebut merupakan bunga langka.

"Sebelumnya sudah lihat tapi masih bonggol, belum mekar. Waktu itu lagi cari jambu, Saya gak 'ngeh' kalau itu bunga bangkai, tahunya justru saat sudah mekar ini, kalau didekati, timbul bau yang menyengat dari bunga tersebut," ujar dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini