Image

Tolong! Krisis Air Bersih, 50 Balita di Daerah Ini Terserang Diare

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 10:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 340 1794564 tolong-krisis-air-bersih-50-balita-di-daerah-ini-terserang-diare-mAFS8aOjhj.jpg Salah satu balita yang terserang wabah diare. (Foto: Sindonews)

KEFAMENANU - Wabah diare menyerang 50 balita di Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hingga Jumat (13/10/2017) pagi, para penderita masih menjalani perawatan intensif di RSUD Kefamenanu.

Para orang tua balita yang sedang dirawat terpaksa harus menemani anaknya. Bahkan, ada yang terus menggendong anaknya akibat sakit yang tidak bisa ditahan hingga terus menangis.

Kebanyakan balita yang masuk rumah sakit ini adalah rujukan puskesmas dan berasal dari desa yang mengalami krisis air bersih. Manajemen RSUD Kefamenanu mencatat peningkatan jumlah penderita diare biasanya terjadi pada bulan September hingga Desember.

(Baca juga: Cuci Tangan Pakai Sabun Hingga Mengelola Sampah Bisa Turunkan Risiko Menular Penyakit Diare dan Hepatitis)

"Sesuai data surveilans RSUD Kefa, bulan lalu 42 anak, kalau awal bulan ini saja sudah delapan anak," kata Dirut RSUD Kefamenanu Robert Tjeunfin.

Untuk mengatasi wabah diare, pihak rumah sakit mengimbau agar anak-anak mencuci tangan sebelum makan. Sediakan pula air bersih yang cukup. Lalu, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta memberikan pertolongan sementara menggunakan larutan gula dan garam.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini