nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Anda akan Terkejut Melihat Persiapan Kami untuk Korut

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 23 Oktober 2017 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 23 18 1800437 trump-anda-akan-terkejut-melihat-persiapan-kami-untuk-korut-16bOlb91Oe.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: Joshua Roberts/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump sekali lagi menegaskan bahwa negaranya sudah siap melakukan segala hal terhadap Korea Utara (Korut). Akan tetapi, pria berusia 71 tahun itu lagi-lagi tidak mengungkap apa sebenarnya yang sudah dipersiapkan Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Mantan Presiden AS Nyatakan Siap Terbang ke Korut dan Bertemu dengan Kim Jong-un 

“Anda akan terkejut melihat betapa siapnya kami jika memang harus demikian. Apakah itu bagus untuk dilakukan? Jawabannya ya. Apakah akan terjadi? Tidak ada yang tahu,” ujar Presiden Donald Trump dalam sebuah wawancara, mengutip dari Time, Senin (23/10/2017).

Ketika ditanya mengenai hubungannya dengan Presiden China Xi Jinping utamanya dalam hal menekan Korut, Trump hanya menyebut hubungannya sangat eksepsional. Ia juga mengatakan bahwa China sangat membantu dalam isu Korea Utara.

BACA JUGA: Tanggapi Ancaman Perang Korut, Hillary: Bertarung dengan Kim Jong-un Buat Dia Tersenyum Lebar 

“Dia (Xi Jinping) punya wewenang untuk melakukan sesuatu yang sangat signifikan terhadap Korea Utara. Kita lihat saja apa yang akan terjadi,” kata Donald Trump tentang Xi Jinping.

Meski Donald Trump bekali-kali melontarkan retorika bombastis, nyatanya AS tetap berpegang pada kebijakan untuk menyelesaikan isu program nuklir dan rudal balistik Korut lewat jalur diplomatik. Menteri Luar Negeri Rex Tillerson beberapa waktu lalu menyebut diplomasi akan tetap dilakukan hingga bom pertama dijatuhkan.

“Presiden juga menyatakan dengan jelas bahwa dia ingin masalah ini diselesaikan secara diplomatis. Dia tidak ingin mengajak perang,” terang Menteri Luar Negeri Rex Tillerson.

BACA JUGA: Menlu AS: Diplomasi dengan Korut Akan Terus Berjalan Sampai Bom Pertama Dijatuhkan

BACA JUGA: Sidang Majelis Umum PBB, Trump: Jika Kami Tidak Memiliki Pilihan Lain, AS Akan Hancurkan Korut

Salah satu retorika Trump yang patut diingat adalah pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB, New York, pada September. Ia menyatakan AS siap untuk menghancurkan Korut jika diperlukan demi melindungi diri dan sekutu-sekutunya di Asia Pasifik, yaitu Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini