nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fasilitas Air Bersih di Tembagapura Diduga Disabotase OTK, PT Freeport: Ada Temuan Campuran Solar

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 04 November 2017 10:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 04 340 1808340 fasilitas-air-bersih-di-tembagapura-diduga-disabotase-otk-pt-freeport-ada-temuan-campuran-solar-Aqng0sjBxz.jpg (Foto: Ist)

TEMBAGAPURA - Pasokan air bersih di wilayah highland Tembagapura untuk sementara dihentikan. Diduga langkah tersebut dilakukan akibat penampungan air bersih di areal tersebut dicampur cairan berbahaya oleh orang tak dikenal (OTK).

Dari informasi yang didapatkan dari laman internal Facilities Managemen Highland PT. Freeport Indonesia, Tembagapura, Jumat 3 Oktober 2017, pihak managemen mengeluarkan pengumuman terkait kejadian tersebut.

"Perkiraan kami, pasokan air akan kembali dibuka sekitar pukul 22.00 WIT, bukti mengindikasikan, bahwa 2 jerigen solar telah ditumpahkan ke dalam sistem pasokan air, serta titik pengumpulan di mile 69 yang mengalirkan pasokan air ke Tembagapura," tulis pengumuman yang tertera pada laman internal Freeport tersebut.

Selain itu pihak managemen juga menegaskan agar karyawan tidak mengkonsumsi air yang di duga telah tercemar minyak Solar.

"Kami menegaskan kembali agar anda tidak meminum air dari keran sampai anda telah menguras air yang ada di dalam semua pipa aliran air untuk beberapa menit lamanya," tulis managemen.

Terkait kejadian tersebut pihak managemen Freeport mengambil langkah-langkah dengan meberikan warning bagi karyawan agar segera melapor kepada pihak rumah sakit Freeport di Tembagapura jika menemukan adanya gejala-gejala akibat mengkonsumsi air yang telah tercemar.

"Pihak ISOS telah menginformasikan bahwa walaupun jarang terjadi kemungkinan efek samping akibat meminum air yang terkontaminasi adalah diare. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka anda dapat menghubungi pihak rumah sakit di nomor telepon seluler, 0811-4912-56 atau nomor telepon 540-4900," tulis Managemen.

Pihak Security Risk dan managemen saat ini berpatroli di area pengumpulan air, di Tembagapura dan hidden Valley. "Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ungkap Managemen.

Sementara itu, Koordinator Komunikasi Freeport di Tembagapura, Karel Luntungan yang dikonfrimasi Jumat malam tadi, akhirnya memberikan jawaban terkait kejadian tersebut.

"Pasokan air bersih di Tembagapura dimatikan sementara akibat adanya laporan temuan campuran solar dalam sistem pasokan air di Tembagapura. Direncanakan pasokan air akan aktif kembali pada pukul 22.00 WIT malam ini. Riza Pratama - Vice President Corporate Communication PTFI," tulis Karel Luntungan dalam pesan singkatnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini