Image

Sahkan 6 Anggota Baru, Himpuni Janji Jauhi Politik Praktis

Inews, Jurnalis · Senin 27 November 2017 22:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 27 512 1821597 sahkan-6-anggota-baru-himpuni-janji-jauhi-politik-praktis-g0yZgV2gM9.jpg Peserta Rakernas I Himpuni di sela sidang pleno (Foto: Inews.id)

JAKARTA - Rakernas I Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) yang digelar Sabtu-Minggu, 25-26 November 2017 di Purwokerto, Jawa Tengah, mengesahkan enam anggota baru. Kini, anggota Himpuni mencakup 32 organisasi alumni PTN. 

Ketua Panitia Rakernas I Himpuni Final Prajnanta menuturkan, organisasi alumni yang baru bergabung yakni Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lampung (IKA Unila), Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA Unri), Ikatan keluarga Alumni Universitas Siliwangi (IKA Unsil).

Kemudian, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Semarang (IKA Unnes), Ikatan Keluarga Alumni Universitas Trunojoyo Madura (IKA UTM) dan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (IKA Untirta).

Menurutnya, pengesahan enam anggota baru itu dilakukan dalam sidang pleno yang dipimpin oleh Ali Masykur Musa (Keluarga Alumni Universitas Jember) dan Haiban Hadjid (Keluarga Alumni Unsoed).

“Selama dua hari para alumni dari 32 organisasi alumni PTN berkumpul di Purwokerto untuk bersatu, bersinergi demi membangun Indonesia menjadi bangsa pemenang,” papar Final dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ali Masykur Musa, ketua steering committee Rakernas I Himpuni menegaskan organisasi ini tidak akan berpolitik praktis. Himpuni merupakan perkumpulan intelektual di perguruan tinggi, profesional, dan mandiri. 

"Kami tidak berpolitik, tetapi berharap agar pemilu yang akan datang, pilkada serentak, berjalan secara damai, rukun, dan aman. Kepentingan bangsa harus diletakkan di atas kepentingan pribadi, golongan, maupun partai," ujarnya.

Selain itu, salah satu Steering Committee Himpuni, Ahmad Muqowam mengatakan, ada beberapa program mendesak dan strategis yang harus dilakukan oleh Himpuni. Program dimaksud antara lain, Himpuni harus mampu mengeksplor persoalan bangsa secara strategis, menyeluruh, serta mengontribusikannya kepada seluruh pihak terkait. Utamanya dalam menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Kemudian mengembangkan organisasi Himpuni agar dapat mengikutsertakan seluruh PTN di Indonesia. Secara internal, Himpuni harus mampu mengonsolidasikan potensi alumni dari berbagai PTN.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini