nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilpres 2019, Survei Orkestra Mendapati Elektabilitas Jokowi Masih yang Tertinggi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 13:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 03 337 1824348 pilpres-2019-survei-orkestra-mendapati-elektabilitas-jokowi-masih-yang-tertinggi-cLiDuRwLbU.jpg Pemaparan hasil survei Orkestra. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra) merilis hasil survei mengenai kandidat calon presiden yang akan bertarung dalam Pilpres 2019. Dari hasil survei yang didapat Orkestra terdapat sejumlah nama selain Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Nama capres lain yang muncul yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, hingga mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

(Baca: Survei Orkestra: 52,1% Masyarakat Indonesia Puas dengan Kinerja Jokowi-JK)

Ketua Umum Orkestra Poempida Hidayatulloh mengatakan bahwa saat melakukan survei dengan mengajukan pertanyaan, jika pilpres digelar hari ini siapa yang dipilih? Nama Presiden Jokowi masih mendapat elektabilitas tertinggi yakni 24,38 persen.

"Elektabilitas Jokowi saat ini adalah 24,38 persen, disusul Prabowo sebesar 21,09 persen, lalu Gatot Nurmantyo 2,80 persen, AHY dengan elektabilitas 2,1 persen, Anies Baswedan 2,14 persen, dan nama lainnya dengan angka di bawah 2 persen," ucapnya.

Sementara itu, lanjut dia, masih terdapat 25,5 persen masyarakat yang menjawab tidak tahu mengenai siapa yang akan dipilihnya pada Pemilu 2019.

(Baca: Keren, 3 Tahun Kinerja Jokowi-JK Diabadikan dalam Buku 'Wujud Kerja Nyata')

Kemudian Poempida juga menilai Jokowi tetap mampu menjaga ritme pemerintahannya yang sedang berjalan. Jadi, tidak menutup kemungkinan akan terpilih lagi menjadi presiden di Pilpres 2019.

"Tidak menutup kemungkinan Jokowi akan terpilih menjadi presiden untuk yang kedua kalinya pada Pemilu 2019," tukasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini