nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Baswedan: Selama 92 Tahun NU Jadi Kolam Pemersatu Ormas Islam

Chyntia Sami B, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 21:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 31 337 1852914 anies-baswedan-selama-92-tahun-nu-jadi-kolam-pemersatu-ormas-islam-Ujq6zVSGrr.jpg

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut Nahdlatul Ulama (NU) telah menjadi pemersatu bagi begitu banyak organisasi masyarakat (ormas) Islam di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya dihadapan ribuan jemaah yang hadir dalam perayaan Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) yang ke-92 di Masjid Raya KH Hasyim Ashari, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Selama 92 tahun sudah NU menjaga persatuan bangsa Indonesia. NU menjadi rujukan, menjadi mercusuar, dan menjadi kolam pemersatu bagi begitu banyak kegiatan ormas Islam di Indonesia," ujar Anis, Rabu (31/1/2018).

(Baca Juga: Sejumlah Tokoh & Menteri Salat Gerhana Bulan Berjamaah di Harlah Ke-92 NU)

Tak hanya itu, NU pun telah menjadi brandmark dan konsisten menjaga keutuhan umat di Indonesia. Bahkan, Menurut Anies, NU juga telah menjadi pelindung marjinal bagi mereka yang miskin dan paham persis permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Ini sekaligus menjadi bahan refleksi bagi bahwa Indonesia adalah tanah yang amat beragam, bangsa beragam tapi bukan hanya keberagaman yang penting, tapi pemersatu keberagaman lah yang amat penting. InsyaAllah tahun depan kemajuan dan keberhasilan NU makin maju, berkembang dan beri manfaat bagi semua," ungkap Anies.

Sebelumnya diberitakan, sebelum acara inti dimulai, para tokoh ulama, pejabat hingga politisi dan ribuan jamaah melakukan salat gerhana berjamaah di masjid tersebut sekira pukul 19.40 WIB.

Salat Gerhana tersebut dilakukan setelah para pengamat memastikan waktu mendekati gerhana total. Ribuan jamaah pun larut dalam salat yang dipimpin oleh imam besar di Masjid KH Hasyim Ashari.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini