Biaya ICU Rp15 Juta/Hari, Keluarga Pasien Korban Kecelakaan Curhat di Medsos

Rizka Diputra, Okezone · Rabu 14 Februari 2018 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 14 340 1859385 biaya-icu-rp15-juta-hari-keluarga-pasien-korban-kecelakaan-curhat-di-medsos-FUplT8ix5v.JPG (Foto: Facebook/@Udhy Hsa)

POLEWALI MANDAR - Keluarga korban kecelakaan di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) terkejut mendengar jumlah biaya perawatan di ruang ICU rumah sakit daerah setempat.

Ya, dalam video yang diunggah pengguna akun facebook @Udhy Hsa pada Sabtu 3 Februari 2018, salah seorang perawat menyebut jika biaya perawatan bisa mencapai Rp15 juta per hari.

Dalam video tersebut, tampak keluarga pasien menanyakan kisaran biaya rawat di ICU. Terdengar salah seorang wanita yang diduga perawat rumah sakit menyebut jika biaya perawatan di ruang ICU memang bisa mencapai Rp15 juta per hari.

"Saya kasih tahu kalau rawat ICU itu pakai tabung oksigen bisa sampai Rp15 juta satu hari, tidak ditanggung BPJS," ucap wanita tersebut.

(Baca juga: Emak-Emak Asyik Ngerumpi Sambil Tunggu Kereta Lewat Viral di Medsos)

Udhy yang merupakan salah satu anggota keluarga pasien mengaku tidak habis pikir jika masyarakat tidak mampu bisa dibebani biaya perawatan semahal itu. Terlebih semua biaya itu sama sekali tidak ditanggung BPJS.

"Kasihannya bagi masyarakat yang kurang mampu kalau kecelakaan lalu lintas keadaan parah yang membutuhkan pertolongan pertama di ruangan ICU RSUD harus menyiapkan biaya Rp15 juta per hari kata salah satu perawat (dokter) tadi siang waktu saya dampingi korban kecelakaan di Kecamatan Campalagian," tulis Udhy di laman facebook-nya.

Sejak pertama kali diunggah video ini sudah lebih dari 77.000 kali ditonton dan 823 kali dibagikan. Sementara itu, di kolom komentar salah satu netizen menyebut jika pasien tersebut memang tidak bisa diklaim BPJS karena korban kecelakaan yang lazimnya menjadi tanggungan Jasa Raharja.

"Nah dalam kasus ini ternyata baik Jasa Raharja dan BPJS tidak menanggung, coba pihak keluarga menjelaskan apakah yang bersangkutan menjadi korban laka lantas itu melanggar aturan atau tidak. ICU itu ditanggung BPJS kok kalau untuk penyakit lain. Kenapa ICU itu mahal? Alat yang digunakan itu berbeda, ada alat bantu pernafasan, ada alat pacu jantung, lalu satu pasien akan diawasi satu perawat secara intensif dalam 24jam. Ruangannya pun steril dan berbeda," tulis pemilik akun @Kemala Wasita Manuaba.

(Baca juga: Ceramah di Acara Pernikahan, Pria Berpeci Malah Kritik Penampilan Mempelai Wanita)

Sementara itu, informasi lain menyebutkan jika keluarga pasien tersebut justru dilaporkan ke polisi karena dianggap telah mencemarkan nama baik perawat rumah sakit. Hal itu diketahui melalui komentar salah satu netizen di kolom komentar.

"Sudah dilaporkan juga ke polisi, dikarenakan ada beberapa komentar yang mencemarkan nama baik. Kebanyakan orang menghujat perawatnya, padahal itu bukan perawat yang menentukan harga. Perawat pun tidak segitu gajinya sebulan, tapi sayangnya perawatnya yang banyak dihujat," tulis pengguna akun @Rahmat Nursyamli.

Berikut ini videonya:

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini