Dikira Anak Harimau, Kucing Emas Ini Bikin Heboh Warga di Aceh

Khalis Surry, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 340 1872019 dikira-anak-harimau-kucing-emas-ini-bikin-heboh-warga-di-aceh-1YWLno3pet.jpg Seekor kucing emas terjebak di garasi rumah warga Desa Masjid, Aceh Barat (Istimewa)

BANDA ACEH - Seekor kucing emas tiba-tiba masuk ke rumah seorang warga di Gampong (Desa) Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Hewan dilindungi itu sempat dikira anak harimau sumatera sehingga membuat masyarakat setempat panik.

Setelah masuk ke rumah warga, kucing emas tersebut terjebak tak bisa ke luar. Lalu dibawa ke Kantor Resort Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Meulaboh, Aceh Barat.

"Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB kucing emas ini sudah kita amankan di Kantor Resort KSDA Meulaboh," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Selasa (13/3/2018).

Kucing emas itu mulanya diketahui berada dalam sebuah garasi rumah warga Gampong Masjid, bersembunyi di antara kayu-kayu dan pagar kawat.

Warga mengira satwa langka tersebut anak harimau sehingga tak ada yang berani mendekat untuk menangkapnya. Kucing itu dibiarkan di dalam garasi dan menyedot perhatian warga. Sang pemilik rumah ikut memberi makan kucing emas tersebut.

Warga kemudian melaporkan penemuan kucing emas itu ke petugas BKSDA. Petugas pun turun bersama pawang harimau untuk mengamankan satwa tersebut lalu diamankan ke Kantor Resort BKSDA.

"Kucing emas ini sudah diamankan dua staf kita yang ke lokasi, termasuk pawang harimau BKSDA Aceh," ujar Sapto.

Sapto memastikan bahwa hewan itu bukan anak harimau, melainkan kucing emas dengan tinggi 40 sentimeter dan panjang 80 sentimeter.

"Laporan anggota saya kucing emas. Bukan harimau. Sekarang sudah kita amankan dan rencananya akan kita lepaskan ke habitatnya," pungkas Sapto.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini