nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengakuan Penangkap Ikan "Raksasa" Arapaima di Sungai Brantas

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 17:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 26 519 1914278 pengakuan-penangkap-ikan-raksasa-arapaima-di-sungai-brantas-jR64sCDIMw.jpg Ikan arapaima yang ditangkap di Sungai Brantas. (Foto: Syaiful I/Okezone)

SURABAYA - Warga berbondong-bondong mendatangi rumah Suparpo (58), warga Dusun Pajaran, Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jatim. Mereka ingin melihat langsung ikan 'raksasa' yang berhasil ditangkap Suparpo.

Ikan raksasa tersebut adalah ikan arapaima gigas yang beratnya mencapai 30 kilogram dengan panjang sekitar 1,58 meter. Keberadaan ikan asli Brasil ini bisa mengancam keberadaan ikan yang lain. Karena kebiasaannya makan ikan lain, arapaima gigas dianggap bisa mengancam keberadaan ikan di Sungai Brantas.

"Saya penasaran mas dengan adanya kabar ada ikan raksasa yang berhasil ditangkap, makanya saya datang ke rumah Pak Suparpo untuk melihatnya. Ternyata informasi itu benar," kata Imam, seoang warga.

Ikan arapaima. (Foto: @riskipedia)

Sementara itu, Suparpo bercerita, sebelum berhasil menangkap ikan raksasa, dirinya melihat ada 4 sampai 6 ekor ikan raksasa berkeliaran di sungai. Kemudian dia mengambil jaring untuk menangkap.

"Satu ekor ikan arapaima gigas yang berukuran seperti orang dewasa berhasil saya tangkap," terang Suparpo, Selasa (26/6/2018).

Menurut Suparpo, sebelumnya ia penasaran dengan keberadaan ikan besar itu. Sebab banyak warga yang bercerita telah melihat keberadaannya di sungai. Dari informasi itulah, dia mencari keberadaan ikan raksasa di sungai dan berhasil menangkap satu ekor.

"Kabarnya satu ekor lagi ikan predator ini berhasil ditangkap di Mojokerto. Saat ditangkap ikan raksasa masih hidup dan saya taruh dalam bak biar tetap hidup," paparnya.

Akibat antusiasme warga yang ingin melihat, ikan raksasa itu akhirnya dipindah ke rumah kepala desa setempat. Namun sayang, ikan tersebut kini sudah mati.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini