nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Pleno KPU Lebak, Pasangan Iti-Ade Menang Telak dari Kotak Kosong

Rasyid Ridho , Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 340 1918514 hasil-pleno-kpu-lebak-pasangan-iti-ade-menang-telak-dari-kotak-kosong-bDHypyIFwj.jpg Paslon Iti-Ade (Foto: Sindo)

LEBAK - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi memenangkan pertarungan melawan kotak kosong pada Pilkada 2018. Kepastian tersebut setelah KPU Kabupaten Lebak menggelar rapat pleno terbuka di Hotel Mutiara, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Berdasarkan hasil pleno dari 28 kecamatan se-Kabupaten Lebak, pasangan Iti Octavia-Ade Sumardi menang telak dengan memperoleh 453.938 suara. Sedangkan kotak kosong mendapatkan 135.879 suara.

Pasangan yang didukung seluruh partai politik itu mendominasi suara di seluruh kecamatan. Walaupun demikian, suara kotak kosong di masing-masing kecamatan hingga TPS masih ada.

 Tahapan Pilkada

Seperti di masyarakat pedalaman seperti suku Baduy di Kecamatan Leuwidamar, kotak kosong memperoleh suara 4.628. Sedangkan pasangan incumbent memperoleh 16.648 suara.

Komisioner KPU Kabupaten Lebak Ace Sumirsa Ali mengatakan, pada rapat pleno rekapitulasi Pilkada Lebak saksi pasangan Iti Octavia-Ade Sumardi tidak keberatan dan menandatangani berita acara.

"Tadi, saksi dari pasangan Iti-Ade tidak ada yang keberatan. Karena sesuai dengan hasil hitung yang dilakukan oleh mereka berdasarkan form C1," kata Ace saat dikonfirmasi, Kamis (5/7/2018).

Selanjutnya, KPU Kabupaten Lebak akan memberikan waktu selama tiga hari menunggu semacam surat edaran dari Mahkamah Konstitusi (MK) apakah ada yang menggugat atau tidak. Jika tidak ada, KPU Lebak akan menentapkan pemenang Pilkada Lebak 2018.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini