nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cirebon Diterjang Angin Kencang Dampak Badai Tropis 'Maria'

ant, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 09:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 05 525 1918137 cirebon-diterjang-angin-kencang-dampak-badai-tropis-maria-NaEQ82LKFf.jpg Ilustrasi terjangan angin kencang akibat badai. (Foto: Okezone)

CIREBON – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Majalengka, Jawa Barat, menyatakan angin kencang yang terjadi di wilayah Cirebon disebabkan badai tropis 'Maria' yang berada di sebelah utara Indonesia.

"Angin kencang yang terjadi mencapai maksimum 40 kilometer per jam," kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faa Iziyn, di Majalengka, Kamis (5/7/2018).

Ia menjelaskan, adanya badai tropis 'Maria' di sebelah Utara Indonesia membuat gaya tarik massa udara berupa angin kencang.

"Ini terjadi di wilayah Indonesia, terutama di Ciayumajakuning atau wilayah Cirebon," tuturnya.

Selain itu juga dikarenakan faktor lokal adanya Gunung Ciremai. Jadi, angin berembus dari arah tenggara hingga selatan atau dari belakang Gunung Ciremai dan turun.

"Itu menyebabkan dorongan angin yang menuju ke wilayah Ciayumajakuning cukup kencang," jelasnya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dalam beraktivitas, terutama bagi pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

"Dalam beraktivitas lebih baik memakai jaket dan masker hidung jika berkendara motor," ujarnya.

"Khususnya bagi nelayan lebih waspada juga, karena angin kencang bisa mengakibatkan gelombang tinggi," terang Faa Iziyn.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini