nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepasang Gay dan 13 Pelanggar Syariat Dihukum Cambuk

Windy Phagta, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 08:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 14 340 1922184 sepasang-gay-dan-13-pelanggar-syariat-dihukum-cambuk-qJt6OVwvZF.jpg

BANDA ACEH - Sepasang gay dan 13 pelanggar syariat Islam di Aceh menjalani hukuman cambuk Jumat 13 Juli di halaman Masjid Baiturrahim, Ulee Lheu, Banda Aceh.

Pasangan gay, M. Rustam dan Nyakrab, dihukum cambuk masing-masing sebanyak 86 kali cambuk. Pasangan gay dan 13 pelanggar Syariat lainnya tetap dicambuk dengan disaksikan khayalak ramai di depan umum. Meski pergub hukuman cambuk telah dikeluarkan oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Menurut Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh M Hidayat, eksekusi hukuman cambuk belum bisa digelar di dalam Lapas karena belum adanya peraturan teknis penyelenggaran dalam Lapas.

"Dalam Pergub tidak ada teknis eksekusi di Lapas, ada pasal menyebutkan terpidana perempuan dieksekusi oleh algojo perempuan, tapi kita belum punya algojo perempuan, Pergub itu juga haras disosialisasikan terlebih dahulu,” tutur Hidayat selepas penyelenggaraan eksekusi cambuk.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Banda Aceh Erwin Desman, mengatakan, pihaknya hingga kini belum menerima surat dari Kemenkumham terkait kesiapan Lapas untuk mempasilitasi pelaksanaan hukuman cambuk.

Pergub mengenai hukuman cambuk dilaksanakan didalam Lapas bertujuan agar, hukuman cambuk tidak disaksikan oleh anak-anak dan menghindari banyaknya warga yang merekam eksekusi tersebut hingga dapat mudah tersebar melaui media sosial dan menjadi hukuman seumur hidup bagi para pelaku.

Makamah Syariah Kota Banda Aceh memvonis pasangan gay tersebut dengan hukuman masing - masing 90 kali cambuk, namun dikurangi 4 kali cambuk setelah melewati hukuman kurungan penjara selama 4 bulan.

"Pasangan gay ditangkap beberapa bulan lalu dikawasan Simpang Dodik, ketelah ditangkap warga, kemudian diserahkan ke polisi syariah," ujar Kasatpol PP dan WH Banda Aceh Muhammad Hidayat, selepas prosesi cambul.

Pasangan M. Rustam dan Nyakrab merupakan pasangan gay yang kedua menjalani hukuman cambuk di Aceh.

Selain itu Dinas Syariat Islam Kota Bnada Aceh juga memberikan hukuman cambuk pada 13 pelanggar lain, 9 pelanggar (5 pasang) terkait Iktilath atau berkumpul ditempat sepi, 2 terpidana lainnya dihukum terkait (khamar) atau terbukti mengonsumsi minuman beralkohol, masing - masing menjalani hukuman cambuk 13 hingga 22 kali hukuman cambuk.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini