Share

Bebaskan Jokowi Pilih Cawapres, Hanura: Tolong Jangan Ditekan Siapa pun

Badriyanto, Okezone · Sabtu 14 Juli 2018 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 14 605 1922427 bebaskan-jokowi-pilih-cawapres-hanura-tolong-jangan-ditekan-siapa-pun-1MzIS2JRif.jpg Waketum Partai Hanura Sutrisno Iwantono. (Foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Hanura Sutrisno Iwantono menyampaikan hingga kini pihaknya masih memberikan kebebasan kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pemilihan Umum 2019.

Sutrisno berharap sikap tersebut juga diikuti partai peserta koalisi maupun pihak lain. Ia mengatakan, jangan sampai ada yang berupaya menekan Jokowi untuk memilih tokoh tertentu sebagai cawapresnya, biarkan ia bebas menentukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Kita memberikan kebebasan bagi Jokowi untuk memilih. Harapannya, tolong jangan ditekan-tekan oleh siapa pun bagi partai maupun nonpartai atau pengamat, jangan pernah menekankan, biarkan saja dia," kata Sutrisno dalam Diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Jokowi Memilih Cawapres' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).

Tidak hanya itu, Hanura juga tidak membatasi Jokowi untuk memilih sosok dari partai politik maupun kalangan profesional. Bagi Hanura, yang terpenting orang itu bersih dari korupsi karena khawatir justru menjadi beban bagi Jokowi itu sendiri.

"Tentukan cawapres, kalau lagi boleh dari partai boleh dari nonpartai, tapi tolong mereka dibersihkan dulu dari isu korupsi, karena itu menjadi beban bagi Jokowi," imbuhnya.

Sutrisno yakin nantinya Jokowi meminta bantuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengetahui rekam jejak kandidat cawapres sebelum dipilihnya. Dengan demikian, cawapres Jokowi dijamin bersih dari korupsi.

"Saya yakin Jokowi juga akan melibatkan KPK nanti untuk melakukan screening bagi mereka," jelasnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini