nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucas Tuding Jimmy Bantu Eddy Sindoro Melarikan Diri ke Luar Negeri

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 12:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 14 337 1977650 lucas-tuding-jimmy-bantu-eddy-sindoro-melarikan-diri-ke-luar-negeri-Sre1gRo16U.jpg Lucas saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakpus. Foto: Okezone/Arie Dwi Satrio

JAKARTA – Pengacara Lucas membantah telah membantu pelarian mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro ke luar negeri. Lucas menyebut bahwa yang membantu pelarian Eddy Sindoro selama di luar negeri yakni Jimmy alias Lie.

Sebagaimana hal tersebut diungkapkan Lucas saat membacakan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan yang telah dilayangkan Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Lucas.

"Eddy Sindoro juga telah menerangkan kepada penyidik bahwa saya sama sekali tidak terlibat dengan keberadaannya di luar negeri dan yang membantunya sejak April 2016 sampai dengan menyerahkan diri adalah Jimmy alias Lie," kata Lucas di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018).

Foto/Ist

‎Selain Jimmy, Lucas juga mempertanyakan sosok Dina Soraya yang namanya disebut dalam dakwaan Jaksa KPK. Sebab, Lucas mengaku sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan Dina Soraya baik secara pribadi maupun profesional.

"Sungguh saya bertanya-tanya, siapa dan yang mana orang yang bernama Dina Soraya, yang dituduh bersama-sama saya mengaburkan Eddy Sindoro," ungkap Lucas.

Baca: Pejabat Air Asia Terseret Dalam Pusaran Kasus Pelarian Eddy Sindoro

Baca: Mantan Pimpinan KPK 'Turun Tangan' saat Proses Penyerahan Diri Eddy Sindoro

Sebagaimana dalam surat dakwaan, Lucas disebut bersama-sama dengan Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Lucas disebut telah menyuruh Dina Soraya untuk mengatur skenario pelarian Eddy Sindoro.

lucas meminta Dina Soraya untuk membeli tiket pesawat rute Jakarta-Bangkok, untuk tiga orang. Masing-masing Eddy Sindoro, Michael Sindoro (anak Eddy), dan Chua Chwee Chye alias Jimmy alias Lie yang membantu Eddy membuat paspor palsu.

Lucas membantah dakwaan tersebut. Menurut Lucas, Dina Soraya bukan anak buahnya dan tidak memiliki hubungan profesional. Oleh karenanya, Lucas merasa janggal dengan dakwaan yang dibuat Jaksa KPK.

"Mustahil saya perintahkan Dina soraya. Memang saya ini siapa? Saya bukan atasannya, saya tidak pernah menggaji dia, ini sungguh aneh," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini