nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucas Nilai Jaksa KPK Tak Berwenang Blokir Rekeningnya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 16:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 22 337 1981307 lucas-nilai-jaksa-kpk-tak-berwenang-blokir-rekeningnya-vq7KR1xnxt.jpg Pengacara Lucas. (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Pengacara Lucas menilai Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) tak berwenang untuk memblokir rekeningnya dalam kasus dugaan merintangi penyidikan mantan bos Lippo Group, Eddy Sindoro.

Menurut Lucas, dalam perkara ini, tidak ada uang sepeser pun dari rekeningnya yang berhubungan dengan perkara peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang menjerat Eddy Sindoro. Oleh sebab itu, Lucas menganggap JPU KPK telah bertindak di luar kewenangannya.

"Uang itu bukan dari saya, tidak ada hubungan rekening saya, kenapa rekening saya diblokir. Ini adalah tindakan perbuatan melawan hukum sewenang-wenang," kata Lucas usai persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Dalam perkara ini, Lucas menyebut, JPU KPK telah salah sasaran. Seharusnya, kata dia, lembaga antirasuah fokus untuk menelisik aliran dana dari Eddy Sindoro.

"Kalau saya katakan lain yang gatal lain yang digaruk. Posisi gatal di mana, garuknya di posisi itu," ucap Lucas.

Pengacara Lucas (Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

Sementara itu, Lucas menyayangkan isi dari tanggapan JPU KPK. Pasalnya, menurut Lucas, semua nota pembelaan yang dipaparkannya tidak sama sekali dijawab oleh JPU KPK.

"Kejanggalan misteri dan keanehan yang saya sebutkan dalam nota pembelaan ternyata tidak ditanggapi oleh Jaksa dengan dalih hanya sampaikan seolah-olah itu materi pokok perkara. Padahal itu penting ditanggapi tapi tak ditanggapi," papar Lucas.

Di sisi lain, JPU KPK merasa pemblokiran beberapa rekening milik Lucas dalam kasus dugaan merintangi penyidikan mantan bos Lippo Group, Eddy Sindoro, adalah hal yang relevan dan tidak bertentangan dengan hukum.

(Baca Juga : Lucas: Saya Bukan Pengacara Eddy Sindoro, Tidak Dapat Fee dari Dia)

Jaksa Penuntut KPK Roy Riadi menjelaskan pemblokiran rekening Lucas berlandaskan dengan Pasal 29 ayat (4) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Pemblokiran masih relevan sampai pemeriksaan selesai. Berdasarkan Pasal 29 ayat (4), dapat dilakukan penyitaan," kata Jaksa Roy di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis.

Adapun isi Pasal 29 ayat (4) adalah, Penyidik, penuntut umum, atau hakim dapat meminta kepada bank untuk memblokir rekening simpanan milik tersangka atau terdakwa yang diduga hasil dari korupsi.

(Baca Juga : JPU KPK: Pemblokiran Rekening Lucas Tak Melawan Hukum)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini