nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tebas Tangan Mahasiswa, Komplotan Begal Ditangkap Seorang Pelaku Ditembak

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 15:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 609 1984560 tebas-tangan-mahasiswa-komplotan-begal-ditangkap-seorang-pelaku-ditembak-biDmHki01t.jpg Para pelaku kawanan begal yang menebas tangan korbannya di Makassar. Foto: Okezone/Herman Amiruddin

MAKASSAR – Komplotan begal yang menebas tangan seorang mahasiswa bernama Imran (19), berhasil diringkus oleh Tim Gabungan Polda Sulsel.

Polisi berhasil menangkap dua pelaku utama, yakni Aco (AC) Alias Penkong (21) yang bertugas mengendarai motor, dan Firman (FI) alias Emmang (22) yang menebas korban.

“FI yang tebas tangan korban, sedangkan AC yang mengendarai sepeda motor," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, Kamis (29/11/2018).

Wahyu menjelaskan, aksi begal direncanakan oleh Aco. Kemudian ia mengajak Firman.

Baca: Begal di Makassar Tebas Tangan Mahasiswa hingga Putus, Begini Kronologinya

Baca: Waspadai Begal Sadis dengan Modus Razia Polisi di Jalan Raya

Awalnya, Aco dan Firman janjian dan bertemu di Jalan Sabutung, Makassar. Keduanya lalu meminjam motor dan parang milik rekannya dengan alasan mau pergi ke Pasar Lelong, Makassar.

Foto: Okezone/Herman Amiruddin

Kedua pelaku ditangkap Rabu, 28 November 2018 malam sekitar pukul 22.00 Wita oleh Tim gabungan yang di pimpim oleh Kasat Reskrim Polrestabes Makassar kompol Wirdhanto Hadicaksono. Namun saat diringkus, Aco berusaha melarikan diri, sehingga polisi terpaksa menembak kedua kakinya.

Selain kedua tersangka utama, polisi juga mengamankan tiga orang juga, yaitu Enal (19) pemilik parang, Ulla (18) pemilik sepeda motor, dan Irman (37) yang membeli ponsel korban senilai Rp900.000.

"Pasal yang disangkakan terhadap keduanya (pelaku utama) yakni Pasal 365 ayat (2) KUHP. Dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara," ungkap Wahyu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini