nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2019, Pemprov DKI Akan Terapkan Tarif Parkir Baru

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 20:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 04 338 1986865 2019-pemprov-dki-akan-terapkan-tarif-parkir-baru-KeaBfLALmy.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

JAKARTA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan tarif parkir baru pada 2019. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, kebijakan itu dilakukan untuk menekan volume penggunaan kendaraan pribadi.

Anies mengaku sedang melakukan finalisasi kajian ihwal rencana tersebut. Ia berharap kebijakan itu akan berjalan efektif, sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum.

"Lagi dibikin study-nya, nanti mudah-mudahan akhir bulan ini bisa difinalkan. Itu nanti Insyaallah dilakukan tahun depan kita baru laksanakan," kata Anies di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Foto: Okezone/Arif Julianto 

Beberapa waktu lalu, Anies menyebut kenaikan yang bertujuan mendorong penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik itu sesuai dengan Undang-Undang 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Di dalamnya disebutkan bahwa tarif pajak parkir paling tinggi 30 persen.

"Di lain pihak, Pendapatan Asli Daerah minimal dapat dipertahankan untuk pembiayaan pembangunan Kota Jakarta," kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Baca: Pemprov DKI Alokasikan Rp150 Miliar untuk Revitalisasi Monas 

Baca: Revitalisasi TIM, Jakarta Siap Jadi Pusat Seni dan Budaya Asia

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mengurangi kantong-kantong parkir di beberapa lokasi. Sehingga, lebih banyak yang masuk ke Jalan Sudirman dan Thamrin menggunakan kendaraan umum atau pejalan kaki.

"Pengetatan parkir itu dua (cara) yang dilakukan. Satu adalah dengan (cara) peningkatan biaya parkir, yang kedua dengan (cara) pengurangan tempat parkir," ujarnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini