nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawa Senpi Rakitan dan Parang, Pemburu Harimau Sumatera Diamankan

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 21:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 05 340 1987372 bawa-senpi-rakitan-dan-parang-pemburu-harimau-sumatera-diamankan-O9jcQcFd76.jpeg

BENGKULU - Tim gabungan Polres Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu bersama petugas Seksi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Seluma-Bengkulu, mengamanakan satu dari tiga terduga tersangka perburuan liar satwa di lindungi jenis Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), dengan cara dijerat di kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu, Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

Satu terduga tersangka yang berhasil diamankan itu berinisial, IE (36) warga Kelurahan Lubuk Lintang Kecamatan Seluma Kabupaten Seluma. Sementara dua lainnya, AN dan YN berhasil kabur saat digerebek di salah satu pondok di kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu, yang dijadikan tempat persembunyian tersangka.

Di mana dalam penggerebekan tersebut tim gabungan berhasil mengamankan barang bukti (BB) satu pucuk senjata api (senpi) rakitan laras panjang, dengan dua amunisi aktif, satu bilah senjata tajam jenis parang, tiga buah jerat kawat seling dan dua sepeda motor. Saat ini tersangka telah diamankan di Mapolres Seluma untuk dilakukan penyidikan.

Data terhimpun Okezone, tersangka dan barang bukti berhasil diamankan tim gabungan setelah adanya laporan dari masyarakat setempat. Di mana kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu, Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, diduga dijadikan lokasi perburuan satwa dilindungan jenis Harimau Sumatera, dengan cara dijerat.

Mendapati laporan tersebut, tim gabungan bergerak ke lokasi yang dijadikan perburuan satwa liar tersebut. Saat di lokasi tim gabungan sempat melihat jejak harimau sumatera yang melintas di kawasan tersebut. Selain itu, tim gabungan juga mendapati bangunan pondok yang dijadikan lokasi peristirahatan tersangka.

Saat digerebek tim gabungan berhasil menemukan, berbagai barang bukti. Mulai dari satu pucuk senjata api (senpi) rakitan laras panjang, dengan dua amunisi aktif, satu bilah senjata tajam jenis parang, tiga buah jerat kawat seling dan dua sepeda motor.

Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana melalui Kasat Reskrim Polres Seluma, AKP Rizka Fadhila mengatakan, tersangka dan barang bukti telah diamankan. Tersangka diduga telah melakukan tindak pidana kepemilikan senjata api tanpa izin, yang tertuang pada Pasal 1 UU Darurat No 12 Tahun 1951, Tentang Kepemilikan Senjata Api.

"Tersangka sudah kami amankan berikut barang bukti. Saat ini kami masih melakukan pendalaman," kata Rizka, saat di konfirmasi okezone, Rabu (5/12/2018).

Sementara itu, Kepala Seksi Wilayah (KSW) II BKSDA, Seluma-Bengkulu, Darwis Saragih menjelaskan, dari pengakuan tersangka jika dirinya sudah melakukan perburuan satwa liar jenis harimau sebanyak dua kali di kawasan tersebut. Aksi perburuan itu dilakukan enam bulan lalu.

Di mana, kata Darwis, enam bulan lalu tersangka berhasil mendapatkan satu ekor harimau dan dijual ke wilayah Provinsi Lampung. Perburuan kali ini merupakan perburuan kedua kalinya di wilayah tersebut. Hanya saja, dalam perburuan kedua ini tersangka belum berhasil mendapatkan satwa dilindungi, jenis harimau.

Ditambahkan Darwis, saat menuju lokasi perburuan di kawasan tersebut. Tim gabungan sempat melihat jejak harimau yang diperkirakan harimau sumatera dewasa.

"Diduga tersangka sudah dua kali memburu satwa liar. Saat ini masih didalami pihak Polres Seluma," sampai Darwis.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini