nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bercanda Pernah Pakai Ganja di KTT ASEAN, Duterte Diminta Jalani Tes Narkoba

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 06 18 1987713 bercanda-pernah-pakai-ganja-di-ktt-asean-duterte-diminta-jalani-tes-narkoba-SUGtmICcla.jpg Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)

MANILA – Seorang senator Filipina menantang Presiden Rodrigo Duterte untuk melakukan tes narkoba setelah dia bercanda tentang menggunakan mariyuana atau ganja saat menghadiri KTT ASEAN di Singapura bulan lalu. Pada Senin, Duterte yang memulai perang melawan narkoba sejak menjabat sebagai presiden pada 2016, mengatakan bahwa dia menggunakan ganja agar tetap terjaga selama KTT, sebelum mengatakan bahwa dia hanya bercanda.

BACA JUGA: Pilih Tidur, Duterte Lewatkan Beberapa Pertemuan KTT ASEAN di Singapura

Mariyuana adalah barang ilegal di Filipina dan para pengkritik mengatakan upaya Duterte untuk berkelakar bisa membuat kesal keluarga korban yang meninggal dalam kampanye anti-narkoba.

"Sekarang, jika dia benar-benar ingin membersihkan dirinya sendiri, saya akan memintanya lagi untuk mengikuti tes narkoba," kata Senator Antonio Trillanes sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (6/12/2018).

BACA JUGA: Dikritik Sering "Bolos", Duterte Persingkat Kehadiran di Pertemuan APEC

Juru Bicara Kepresidenan, Salvador Panelo mengatakan dalam sebuah press briefing bahwa Duterte tidak akan menerima tantangan dari Trillanes. Panelo balik mengatakan bahwa Trillanes-lah yang seharusnya melakukan tes narkoba.

"Dia seharusnya yang melakukan tes," ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini