TKN Jokowi-Ma'ruf Yakin Kasus E-KTP Tercecer Tak Pengaruhi DPT

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 09:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 11 605 1989533 tkn-jokowi-ma-ruf-yakin-kasus-e-ktp-tercecer-tak-pengaruhi-dpt-WN6AzVkbqe.jpg E-KTP Dalam Karung (Ist)

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres nomor 01, Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin mengatakan peristiwa e-KTP yang tercecer dan penjualan blangko e-KTP di Jakarta dipastikan tidak akan mempengaruhi Data Pemilih Tetap (DPT).

Wakil TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, masalah e-KTP tersebut masih belum bisa dikaitkan ke dalam pemilu. "Kemungkinan itu (e-KTP tercecer), jika dikaitkan ke pemilu saya kira sulit," katanya kepada Okezone, Selasa (11/12/2018).

Baca juga: Penemuan E-KTP di Duren Sawit, Ini Kata Kubu Prabowo

Menurutnya, dalam penetapan DPT tentunya akan dibahas oleh penyelenggara pemilu. Adapun yang mengikuti pembahasan tersebut yaitu partai peserta pemilu dan kedua belah pihak tim kampanye.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding

"Karena pembahasan soal DPT itu adalah KPU bersama partai-partai dan bersama tim kampanye nasional dua belah pihak," tuturnya.

Baca juga: Soal Pembuang Sekarung E-KTP di Duren Sawit, Mendagri: Pasti "Orang Dalam"

Dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, penetapan DPT pastinya ada proses verifikasi. Proses tersebut juga pastinya tidak mudah, karena harus mendata pemilih tetap dengan seksama.

"Jadi di sana diverifikasi dan dibicarakan tentu tidak gampang, apalagi kalau itu benar itu sampai dijual. Ngapain sampai dijual untuk kepentingan politik, saya kira enggak relevan yah. Tidak nyambung," tegasnya.

Baca juga: Kemendagri: Kasus Pembuangan E-KTP Murni Tindak Pidana, Tak Terkait Pemilu

Sebagaimana diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjamin bahwa kasus tercecernya e-KTP di Jakarta Timur, tidak akan ada pemilih memiliki e-KTP ganda. Hal ini ditegaskan oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo bahwa e-KTP yang tercecer di Jakarta Timur merupakan e-KTP yang sudah kadaluarsa.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini