nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Sebut Kabar Tsunami di Tapanuli Tengah Ternyata Hoaks

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 09:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 608 2002406 bmkg-sebut-kabar-tsunami-di-tapanuli-tengah-ternyata-hoaks-N43BQhZmBZ.jpg Hoax (Reuters)

JAKARTA - Isu tsunami sempat menggegerkan warga di daerah Tapanuli Tengah, dini hari Kamis (10/1/2018) sekira pukul 02.30 WIB. Namun, hal tersebut dibantah oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Mengutip laman BMKG, saat isu beredar, pihaknya segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat dimana hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya.

 Baca juga: Pengungsi Tsunami di Kantor Gubernur Lampung Mulai Berkurang

Selain itu, hasil pengamatan stasiun pasang surut (tide gauge) di wilayah Sumatera Utara, (Sibolga, Gunung Sitoli, Lahewa, Teluk Dalam, Pulau Tello, dan Tanabala) tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan (hanya gejala normal pasang surut harian).

 https://cdn.bmkg.go.id/Web/isu_tsunami_tapanuli.jpeg

Berdasarkan hasil pengamatan lapangan oleh BMKG Pinangsori, Sibolga dan BMKG Gunung Sitoli, Nias bahwa tidak didapatkan adanya gejala peristiwa tsunami.

 Baca juga: Pengungsi Korban Tsunami Selat Sunda Keluhkan Diare dan Sakit Kepala

"Oleh karena itu BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tidak mempercayai isu tsunami yang berkembang dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya," kutip laman tersebut.

BMKG mengimbau tetap waspada dan selalu pantau informasi resmi yang bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG).

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini