Rakornas Ditutup, PDIP Instruksikan Kadernya Menangkan Jokowi-Ma'ruf

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 605 2003036 rakornas-ditutup-pdip-instruksikan-kadernya-menangkan-jokowi-ma-ruf-v7hheTV9Ks.jpg Puan Maharani di acara Rakornas PDI Perjuangan

JAKARTA - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 PDI Perjuangan (PDIP) resmi ditutup. Rakornas menelurkan 12 poin rekomendasi.

Salah satu dari poin tersebut, adalah memerintahkan seluruh kader untuk memenangkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Poin-poin rekomendasi hasil Rakornas tersebut dibacakan Ketua DPP PDIP bidang Politik, Puan Maharani. Pembacaan keputusan dan rekomendasi dilakukan di hadapan para peserta, serta Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

"Rakornas menyepakati agar seluruh struktural partai, kader partai, serta seluruh calon anggota legislatif partai di setiap tingkatan, untuk mengambil inisiatif dalam menggerakkan seluruh partai koalisi pengusung Joko Widodo-KH Maruf Amin, relawan dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menjamin pemenangan di wilayahnya masing-masing," ujar Puan di JIExpo, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Dalam hal ini, sambungnya, adalah unsur tiga pilar partai harus menjadi lokomotif utama dalam menggerakkan tim kampanye pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

(Baca Juga: PDIP Sebut Hoaks Surat Suara Sistematis dan Melibatkan Sponsor Pendanaan)

Poin Rakornas lainnya, yakni menegaskan PDIP akan terus menerus berjuang untuk mengawal kebijakan politik yang dikeluarkan pemerintah agar tetap satu haluan ideologi Pancasila.

Puan menambahkan, hasil rekomenasi Rakornas juga menyebutkan PDI Perjuangan meyakini demokrasi merupakan pilihan terbaik sistem politik di Indonesia. Demokrasi yang harus dibangun dan dikembangkan adalah demokrasi yang berdasar serta bersumber dari nilai-nilai dan kearifan bangsa Indonesia.

"Yakni demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan musyawarah mufakat yang menjadi ciri utama Demokrasi Pancasila," kata Puan.

Sesaat sebelum acara ditutup, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan arahan khusu kepada ribuan kadernya yang hadir. Namun, pemberian arahan tersebut dilakukan secara tertutup.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Sekab Pramono Anung, Menkum HAM Yasonna Laoly, Wasekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga, Ketua DPD PDIP DKI yang juga Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini