nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Dunia di 14 Januari, Mulainya Dinasti Angevin hingga Perang Yaman vs Al-Qaeda

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 04:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2003968 peristiwa-14-januari-mulainya-dinasti-angevin-hingga-perang-yaman-vs-al-qaeda-QUmI3DvcpT.jpg Ilustrasi Perang Yaman vs Al-Qaeda (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi pada tanggal 14 Januari, mulai dari Konferensi Casablanca hingga perang Yaman terhadap kelompok teroris Al-Qaeda dimulai.

Dihimpun dari Thepeoplehistory, berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 14 Januari yang berhasil dirangkum;

1301

Dinasti Arpad yang memerintah Kerajaan Hungaria sejak abad ke-9 berakhir setelah Raja Andrew III meninggal dunia dan tak meninggalkan keturunan laki-laki. Karoly Robert kemudian merebut kekuasan di Hungaria dan memulai Dinasti Angevin di Hungaria.

Gungaria

1761

Pertempuran Panipat III antara Kerajaan Durrani pimpinan Ahmad Shah Durrani dan Kerajaan Maratha yang dipimpin Sadashivrao Bhau terjadi di Panipat atau kini Haryana, India. Pertempuran itu hanya berlangsung sehari dan berakhir dengan kemenangan Kerajaan Durrani. Atas kemenangan itu, Kerajaan Durrani berhasil merebut wilayah Punjab sampai ke utara Sungai Sutlej dan sebagian Afghanistan dari Kerajaan Maratha.

Baca Juga: Peristiwa 4 Januari: Kemerdekaan Myanmar hingga Bung Karno Hadiri Pemindahan Ibu Kota di Yogya

1822

Pasukan Yunani pimpinan Theodoros Kolokotronis dan Demetrios Ypsilantis berhasil merebut wilayah Acrocorinth dari pasukan Kesultanan Ottoman. Peristiwa itu terjadi di masa Perang Kemerdekaan Yunani melawan Kesultanan Ottoman.

1939

Norwegia mengklaim sebagian wilayah di Antartika dan menamainya sebagai Tanah Ratu Maud. Nama itu diambil dari nama istri Raja Norwegia, Haakon VII. Laut sekitar wilayah Tanah Ratu Maud kemudian dinamai sebagai Laut Raja Haakon VII. Hingga kini, wilayah tersebut masih menjadi kekuasaan Norwegia.

1943

Jepang mulai melaksanakan Operasi Ke demi mengevakuasi pasukannya dari Guadalkanal, Kepulauan Solomon. Penarikan pasukan itu berlangsung hingga 7 Februari 1943 dan terhitung berhasil lantaran banyak tentara Jepang yang berhasil dievakuasi. Pasukan Jepang ditarik dari Guadalkanal setelah Sekutu berhasil mengambil alih wilayah tersebut.

1953

Josip Broz Tito secara resmi dilantik sebagai presiden pertama di Yugoslavia. Ia kemudian memangku jabatan itu sampai akhir hayatnya pada 4 Mei 1980. Semasa memimpin Yugoslavia, Tito dikenal sebagai pemimpin yang otoriter. Ia mulai mendapatkan perhatian lebih dari dunia saat menjadi penggerak Gerakan Non-Blok semasa Perang Dingin bersama Soekarno dari Indonesia, Jawaharlal Nehru dari India, dan Gamal Abdul Nasir dari Mesir.

1982

Victor Valdes Arribas lahir di L'Hospitalet, Spanyol. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Eropa, Barcelona, sejak 2002 sampai 2014. Kini, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu melatih tim di Madrid, Spanyol, yakni Moratalaz.

Baca Juga: 10 Fakta Mencengangkan Siswi SMA Buang Bayi ke Kloset, Nomor 9 Bikin Miris

georgia

2004

Bendera nasional Georgia yang dinamai Bendera Lima Salib kembali dipakai sebagai bendera nasional di negara tersebut setelah selama 500 tahun digantikan bendera lain. Bendera Lima Salib merupakan bendera dengan warna dasar putih dan terdapat satu salib merah besar yang dikelilingi salib merah kecil.

2010

Pemerintah Yaman secara terbuka mendeklarasikan perang terhadap kelompok teroris Al-Qaeda setelah didera serangkaian serangan. Pada Agustus di tahun yang sama, pasukan Yaman baru melancarkan serangan ke Lawdar di Semenanjung Arab yang diduduki Al-Qaeda.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini