PoliticaWave: Jokowi-Ma'ruf Dominasi Percakapan di Medsos

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 12:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 18 605 2006196 politicawave-jokowi-ma-ruf-dominasi-percakapan-di-medsos-bANy0iGxJl.jpg Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden menyajikan beberapa fakta. Salah satunya capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengungguli pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam hal percakapan di media sosial (medsos).

Founder of PoliticaWave, Yose Rizal menyebut, berdasarkan pengamatan timnya selama proses debat perdana capres dan cawapres pada Kamis 17 Januari 2019 malam, Jokowi-Ma'ruf unggul percakapan di media sosial.

"Secara keseluruhan, paslon nomor 01 mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 55% berbanding 45%," ujar Yose Rizal dalam keterangan resminya kepada Okezone, Jumat (18/1/2019).

Menurut analisanya, sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua paslon tersebut, Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82% dan sentimen negatif sebesar 18%. Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 76% sentimen positif dan 24% sentimen negatif.

Di sisi lain, berdasarkan data yang diterima, pasangan Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Apalagi pada saat segmen 2 yang sedang membahas tema Hukum dan HAM, Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen posifif sebesar 88%.

Jokowi pada debat capres perdana

Di mana pada segmen itu, Jokowi sempat meminta kepada calon presiden nomor 02, Prabowo Subianto untuk tidak menyebarkan hoaks dan sempat menyinggung soal Ratna Sarumpaet

"Jokowi-Ma'ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen 2 dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks," jelas Yose.

Sebagaimana diketahui, tema debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden yaitu mengenai Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

Debat kedua capres-cawapres akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang. Masing-masing paslon akan kembali memaparkan visi-misi serta gagasannya untuk tema Energi-Pangan, SDA-Lingkungan Hidup serta Infrastruktur.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini