nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Narapidana Narkoba Rajai Lapas di Indonesia

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 512 2012132 jumlah-narapidana-narkoba-rajai-lapas-di-indonesia-R95q5V0GG8.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SEMARANG - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Sri Puguh Budi Utami menyebut jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan (LP), dan Rutan di Indonesia mencapai 255 ribu. Jumlah itu didominasi napi kasus narkotika yakni sebanyak 115 ribu orang.

“Sekarang ini isi lapas dan rutan saya lihat 255 ribu lebih seluruh Indonesia. Terbanyak adalah kasus narkotika mencapai 115 ribu,” kata Sri Puguh Budi Utami usai memberikan pengarahan petugas keamanan Lapas di Kemenkumham Jateng, Kamis (31/1/2019).

Menurutnya, para napi dan tahanan itu ditempatkan dalam 522 lapas maupun rutan. Tren jumlah napi terus meningkat, seiring banyaknya orang yang terjerat kasus narkoba. Mereka tak sepenuhnya menjalani rehabilitasi tetapi dijebloskan ke penjara.

“Memang pengedar dan bandar itu yang lebih banyak dibanding penggunanya. Mereka ada di dalam semua undang-undang tentang narkotika memberikan mandat sebenarnya kepada mereka harusnya di rehabilitasi medis maupun sosial,” terangnya.

 penja

Setelah napi narkoba, urutan berikutnya yang menghuni lapas dan rutan adalah pelaku tindak kriminal pencurian. Selain itu, napi terorisme dan korupsi juga tercatat mendekam di lapas-lapas maupun rutan di Tanah Air.

“Yang terbesar napi narkotika. Yang menarik perhatian masyarakat pasti narkoba, teroris, korupsi. Lainnya adalah pencurian, kriminal umum,” tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini