nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Siaga, Gunung Anak Krakatau Alami 4 Kali Gempa

Isal Faisal, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 340 2012458 status-siaga-gunung-anak-krakatau-alami-4-kali-gempa-7dIFaF5qBS.jpg Gunung Anak Krakatau (Dok/Twitter/ @vulkanologi_mbg)

JAKARTA – Gunung Anak Krakatau yang berada di kawasan Lampung tercatat mengalami 4 kali gempa berdasarkan hasil pengamatan pada 31 Januari 2019. Saat ini, gunung itu masih berstatus Siaga atau Level III.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gunung Anak Krakatau mengalami 2 gempa vulkanik dalam, 1 kali gempa tektonik lokal, serta 1 kali gempa tektonik jauh. Sementara itu, terjadi tremor terus-menerus pada Gunung Anak Krakatau.

Sementara itu, sejak kemarin hingga pagi ini, secara visual, Gunung Anak Krakatau yang sudah berstatus Siaga sejak 27 Desember 2018 itu tertutup oleh kabut.

Gunung Anak Krakatau (Dok Ist)

"Dari kemarin hingga pagi ini visual gunungapi tertutup kabut. Asap kawah utama tidak teramati. Angin bertiup lemah hingga kencang ke arah timur," tulis PVMBG dalam situs resminya, Jumat (1/2/2019).

(Baca Juga : Gunung Anak Krakatau Digoyang 2 Kali Gempa, Visualnya Terlihat Jelas)

Dengan kondisi tersebut, masyarakat dilarang untuk mendekat dalam radius 5 kilometer dari kawah Gunung Anak Krakatau.

(Baca Juga : PVMBG: Hingga Kamis Dini Hari, Gunung Anak Krakatau Alami Kegempaan Tremor Menerus)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini