nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Novelis Terkenal Irak Ditembak Mati di Dekat Rumahnya

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 04 18 2013564 novelis-terkenal-irak-ditembak-mati-di-dekat-rumahnya-LAd3TTA0oT.jpg Alaa Mashzoub seorang novelis asal Irak yang ditembak mati oleh orang tidak dikenal. Foto/Arablit

KERBALA – Seorang novelis Alaa Mashzoub (50) ditembak mati di dekat rumahnya di kota Kerbala, Irak pada Sabtu 2 Februari 2019.

Polisi setempat dan saksi mata menyebut penembak adalah seorang pria dan mengendarai sepeda motor.

Alaa sedang dalam perjalanan pulang ketika dia ditembak beberapa kali, kata polisi lapor Reuters. Motif penembakan belum diketahui, dan tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab

"Dunia kesenian telah kehilangan salah satu penulis hebatnya," kata Abdul Amir al-Hamdani.

Salah seorang pelayat saat pemakaman Mashzoub mengatakan, "Hari ini kita dihadapkan dengan kampanye amoral yang bertujuan menghilangkan budaya dan inovasi."

Baca: Irak Buka Kembali Zona Hijau di Baghdad untuk Umum

Baca: Buka Pendaftaran secara Online, 36.006 Warga Irak Mendaftar Jadi Menteri

Peti mati Mashzoub dibalut bendera Irak, dan dibopong melalui rute jalan utama yang ramai di Kerbala. Sebagian para pengiring peti mati melambaikan spanduk yang bertuliskan "syuhada".

Serikat penulis Irak mengutuk penembakan itu dan menyalahkan petugas keamanan karena tidak mampu melindungi kaum intelektual.

"Serikat pekerja menganggap pemerintah pusat dan daerah sepenuhnya bertanggung jawab, karena mereka gagal menjaga keselamatan publik," katanya dalam sebuah pernyataan.

Mashzoub menulis beberapa novel dan koleksi cerpen yang memenangkan penghargaan sastra lokal dan regional.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini