nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar Tandatangani Deklarasi Bersejarah soal Perdamaian

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 13:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 05 18 2013937 paus-fransiskus-dan-imam-besar-al-azhar-tandatangani-dekralarasi-bersejarah-soal-perdamaian-zmS50iCw35.jpg Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto/EPA

ABU DHABI – Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik dunia, dan Imam Besar Al Azhar Syekh Ahmed al-Tayeb menandatangani deklarasi bersejarah yang menyerukan perdamaian di antara bangsa-bangsa, agama dan ras.

Paus Franciskus menjadi pemimpin Katolik pertama yang mengunjungi semenanjung Arab, dan melakukan kunjungan selama tiga hari di Abu Dabi, Uni Emirat Arab

Dokumen perdamaian ditandatangani oleh para pemuka agama Kristen, Islam, Yahudi dan agama lain, dan menjanjikan perdamaian, kebebasan dan hak-hak perempuan.

Dokumen itu menyatakan bahwa Al Azhar dan Vatikan akan bekerja sama untuk memerangi ekstremisme, mengutip The Guardian, Selasa (5/2/2019).

"Kami dengan tegas menyatakan bahwa agama tidak boleh menghasut perang, sikap kebencian, permusuhan, dan ekstremisme, juga mereka tidak boleh menghasut kekerasan atau penumpahan darah."

Foto/Reuters

Sheikh Ahmed al-Tayeb dalam pidatonya menyerukan kepada umat Muslim untuk merangkul umat Kristen.

Terus rangkullah saudara-saudaramu warga negara Kristen di mana-mana, karena mereka adalah mitra kita di negara kita," katanya dalam pidato televisi di sebuah upacara di ibukota Uni Emirat Arab, mengutip Reuters.

Foto/Reuters

Kemudian dia berbicara kepada orang-orang Kristen dengan mengatakan, “Kamu adalah bagian dari bangsa ini. Anda adalah warga negara, Anda bukan minoritas. Anda adalah warga negara dengan hak dan tanggung jawab penuh. "

Sheikh Tayeb juga meminta umat Islam di negara barat untuk berintegrasi di negara tuan rumah dan menghormati hukum setempat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini