nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Merawat Anak, Remaja yang Gabung ISIS Ingin Pulang ke Inggris

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 13:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 18 2017860 ingin-merawat-anak-remaja-yang-gabung-isis-ingin-pulang-ke-inggris-JbgRYC88iP.jpeg Shamima Begum bergabung dengan ISIS bersama kedua temannya. Foto/The Guardian

Seorang anak sekolah dari London timur yang meninggalkan Inggris pada 2015 untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) atau ISIS dilaporkan telah mengatakan ingin kembali ke rumah karena dia hamil sembilan bulan.

Laporan The Times, Kamis (14/2/2019) Shamima Begum (19) tinggal di kamp pengungsi al-Hawl di timur laut Suriah.

Shamima mengatakan dia telah pindah ke kamp dua minggu lalu dari kota timur Suriah, Baghuz, benteng terakhir ISIS, tempat putrinya yang berusia satu tahun dan putranya yang berusia tiga bulan meninggal karena sakit dan kurang gizi.

“Aku tidak bisa menanggung penderitaan dan kesulitan berada di medan perang. Tetapi saya juga takut anak yang akan lahir nanti akan mati seperti anak-anak saya yang lain. Jadi saya meninggalkan kekhalifahan, ” kata Begum kepada The Times.

"Sekarang yang ingin saya lakukan adalah pulang ke Inggris."

Foto/ABC

Shamima masih berusia 15 tahun ketika dia dan dua siswa dari Bethnal Green Academy, Amira Abase dan Kadiza Sultana, melarikan diri ke Suriah melalui Turki pada Februari 2015. Abase juga berusia 15 dan Sultana berusia 16 tahun.

Dua bulan sebelumnya, siswa lain dari sekolah, Sharmeena Begum yang berusia 16 tahun, juga melakukan perjalanan. Keempatnya dilaporkan menikah dengan pejuang ISIS.

Sultana dilaporkan tewas dalam serangan udara di Raqqa pada 2016. Begum mengatakan dua lainnya diyakini masih di Baghuz, tetapi setelah beberapa hari pemboman, dia tidak yakin apakah mereka selamat.

Dia mengatakan dia tidak menyesal bergabung dengan ISIS, tetapi ia sangat ingin kembali ke London.

“Saya hanya ingin pulang untuk merawat anak saya. Itu saja yang saya inginkan sekarang. Saya akan melakukan apa saja untuk bisa pulang dan hidup tenang dengan anak saya, " kata Begum.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini