Jokowi Diserang Kampanye Hitam, TKN: Pasti Ada yang Memainkan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 07:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 08 605 2027237 jokowi-diserang-kampanye-hitam-tkn-pasti-ada-yang-memainkan-oVQWFHt3xd.JPG Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding/Tengah (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Dalam sebulan terakhir, capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) kerap diserang kampanye hitam (black campaign) berupa berita bohong atau hoaks. Mulai dari isu akan dilegalkannya LGBT dan tidak diperbolehkannya azan jika Jokowi terpilih, hingga dihapuskannya pelajaran agama.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding meyakini bahwa upaya kampanye negatif terhadap Jokowi bukan dilakukan secara spontan oleh perorangan, tapi ada politikus yang dengan sengaja memainkan isu hoaks tersebut.

"Saya kira itu tidak mungkin berjalan spontan dan sifatnya pribadi, pasti secara politik itu ada yang memainkan, dan itu cara-cara kotor, cara-cara tidak baik," kata Karding kepada Okezone di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Politikus PKB tersebut mengingatkan agar pihak-pihak yang sengaja menyebarkan berita bohong ke publik untuk menyerang Jokowi segera bertobat. Menurutnya, jika kampanye negatif dengan menyebarkan berita bohong terus berkembang, maka dapat merusak bangsa.

Presiden Jokowi

"Karena‎ apapun berpolitik dengan memainkan hoaks, berkampanye‎ hitam, itu keuntungannya ga akan kita peroleh, bahkan bisa merusak bangsa kita, karena kita mengajari bangsa kita berbohong. Dan tidak memiliki integritas sama sekali," tuturnya.

TKN sendiri, kata Karding, sudah melakuk‎an berbagai upaya untuk melawan hoaks yang menyerang Jokowi. Karding berpandangan penyebaran isu hoaks terhadap Jokowi menjelang pilpres cukup masif.

"Dalam banyak hal mungkin gerakan (hoaks) itu masif tapi kami yakin tidak memberi pengaru‎h yang cukup signifikan bagi upaya kita memenangkan Pak Jokowi," ujar Karding.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini