nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe: Kemajuan Industri 4.0 Jangan Sampai Menggerus UMKM

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 12:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 337 2028827 hary-tanoe-kemajuan-industri-4-0-jangan-sampai-menggerus-umkm-9Tuh3iBt9D.JPG Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo tak ingin perkembangan teknologi menuju industri 4.0 menggerus pengusaha kecil. Menurut Hary Tanoe, industri 4.0 harus memberi dampak positif bagi masyarakat.

Hal itu dikatakannya dalam pidato sambutan di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Okezone di Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019). Acara perayaan HUT ke-12 Okezone ini mengambil tema "Kolaborasi Untuk Negeri: Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0 dan IOT".

"Tema ini menarik. Saya berpesan bagaimana Indonesia ambil bagian dari kemunculan teknologi, tapi juga harus hati-hati," kata Hary Tanoe.

Dia mengatakan, industri berbasis teknologi bisa mengganggu jalannya bisnis konvensional jika semua pihak tidak cermat. Sebab, industri 4.0 sifat dasarnya ialah penggantian (replacement).

Hary Tanoesoedibjo

"Contohnya e-commerce, banyak retail yang kena karena orang belanja tinggal lihat gadget, tidak perlu jalan-jalan. Ini retail akhirnya turun, jadi kita harus hati-hati," ujar Hary.

Dirinya berpesan agar Indonesia bisa mengambil bagian di pembangunan dalam rangka perkembangan menuju industri 4.0.Namun perkembangan ini jangan sampai memberikan dampak negatif.

"(Seperti) menggerus pengusaha kecil, UMKM. Karena Indonesia juga perlu mempercepat (laju) perekonomiannya. Lalu, jangan sampai mengurangi tenaga kerja karena Indonesia mengalami bonus demografi," kata dia.

Hary Tanoesoedibjo

"Tak kalah penting adalah bagaimana kita memberikan lapangan kerja bagi masyarakat kita sendiri. Industri 4.0 bagus, tapi harus kita pastikan bangsa kita memeroleh manfaatnya," kata Hary menandaskan.

Turut hadir dalam acara ini CEO Okezone, Daniel Hartono dan Pemimpin Redaksi Okezone, Muhammad Budi Santosa. Selain Hary Tanoe, turut hadir tamu kehormatan lainnya seperti Chairwoman MNC Group, Liliana Tanaja Tanoesoedibjo, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, pihak BUMN, kementerian dan pihak swata.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini