SBY: Ibu Ani Tak Happy dengan Kata-Kata Agum Gumelar yang Menghina Saya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 11:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 605 2030285 sby-ibu-ani-tak-happy-dengan-kata-kata-agum-gumelar-yang-menghina-saya-HLFpw9qUiS.jpg Susilo Bambang Yudhoyono (Twitter @SBYudhoyono)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menanggapi pernyataan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Agum Gumelar, yang menggapnya tak punya pendirian karena mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019. SBY menyatakan istrinya Ani Yudhoyono tak bahagia mendengar pernyataan Agum.

Sebelumnya, dalam sebuah video yang viral di media sosial, Agum yang mantan Danjen Kopassus bicara soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan penculikan aktivis yang diduga dilakukan juniornya Prabowo saat menjadi Danjen Kopassus.

Pada 1998, Dewan Kehormatan Perwira (DKP) mengeluarkan surat rekomendasi pemecatan Prabowo karena dianggap melanggar HAM. Surat itu ditandatangani Agum dan para anggota DKP termasuk SBY yang saat itu berpangkat letnan jenderal.

Agum mempertanyakan sikap SBY yang tahu pelanggaran HAM diduga dilakukan Prabowo, tapi sekarang malah mendukung capres nomor urut 02 itu. “Enggak punya prinsip tu orang,” kata Agum.

SBY pun angkat bicara. Dari National University Singapura (NUS) tempat Ani Yudhoyono dirawat karena sakit kanker daerah, SBY yang lagi menemaninya mengirimkan surat ke internal Demokrat menanggapi pernyataan Agum.

Agum Gumelar (Okezone)

“Setelah hampir 3 bulan saya "berpuasa" dan tidak berinteraksi di dunia media sosial, maaf, kali ini saya ingin menyampaikan sesuatu,” kata SBY dalam suratnya, Jumat (15/3/2019).

“Tadi malam, ketika saya mendampingi Ibu Ani di rumah sakit "NUH" Singapura, saya harus menenangkan perasaan Ibu Ani yang terus terang terganggu dengan pernyataan Pak Agum Gumelar beberapa saat yang lalu.”

Menurut SBY, Agum telah menyerang dan mendiskreditkan dirinya soal pencapresan Prabowo. “Nampaknya Ibu Ani merasa tidak "happy" dengan kata-kata Pak Agum yang menghina saya sebagai "tidak punya prinsip",” ujar SBY.

Melihat Ani sedih, SBY mengaku ikut sedih.

“Ibu Ani saat ini sedang berjuang untuk melawan dan mengalahkan kanker yang menyerang dirinya. Ibu Ani bersama saya, siang dan malam, sedang berusaha untuk menjaga semangat dan kesabaran, agar tetap kuat menghadapi serangan kanker yang menimpa Ibu Ani. Tentu, sebagai pendamping setia Ibu Ani saya sedih kalau ada berita yang justru menggangu hati dan pikirannya.”

SBY menemani Ani Yudhoyono (Instagram Ani Yudhoyono)

Yang kedua, ternyata yang membuat Ani sedih, tulis SBY, adalah karena kami merasa selama ini hubungan keluarga Agum dengan keluarga kami baik. “Bahkan, di samping Ibu Linda pernah bersama-sama mengemban tugas di pemerintahan selama 5 tahun, Ibu Ani juga sangat sayang kepada Ibu Linda Gumelar,” kata SBY.

“Namun, saya bisa meyakinkan Ibu Ani bahwa Pak Agum menyampaikan kata-kata tak baik itu karena hampir pasti tidak tahu dilema dan persoalan yang saya & Partai Demokrat hadapi dalam pilpres 2019 ini. Jika tahu, tak akan berkata begitu. Kecuali kalau Pak Agum memang tidak suka dan benci dengan saya. Saya juga mengatakan kepada Ibu Ani ..”

. "Percayalah saat ini lebih banyak orang yang bersimpati dan bahkan mendoakan Ibu Ani agar Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa mengangkat penyakit Ibu Ani, dibandingkan dengan yang mencercanya".

(sal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini