Fakta Terbaru Situs Kuno Diduga Peninggalan Majapahit di Tol Malang

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 19 Maret 2019 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 19 519 2032109 fakta-terbaru-situs-kuno-diduga-peninggalan-majapahit-di-tol-malang-XHr0yOwkr4.jpg Foto: Okezone

MALANG - Struktur bangunan kuno yang ditemukan di Tol Malang - Pandaan, tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, yang kian meluas diidentifikasikan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) sebagai sebuah permukiman warga.

Arkeolo Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, temuan struktur bangunan ini terus memanjang dan meluas.

"Sebarannya sampai 24 x 16 meter radiusnya. Dengan kedalaman struktur bata mencapai 30 sampai 50 cm," ujar Wicaksono ditemui Okezone di lokasi, Selasa (19/3/2019).

 s

Menurutnya, meski belum menemukan indikasi bangunan apakah itu namun pihaknya menduga bila struktur bangunan kuno ini merupakan bekas permukiman kuno dengan terdapat gapura, pendopo, halaman, dan bangunan utama.

"Pondasinya batu bata, dindingnya kayu, atasnya icuk. Ada pintu gerbang di depan lebarnya 80 cm, kemudian ada latar (halaman) kemudian masuk ke bangunan di tengah. Tapi bangunan apa itu kita masih kejar terus," jelasnya saat ditanya sketsa bentuk bangunan kuno tersebut.

Tak hanya itu, dari orientasi bangunan tersebut menghadap ke arah barat laut tepatnya searah dengan Gunung Semeru dan membelakangi Gunung Kawi.

"Ini agak menarik Semeru sebagai tempat dewa - dewa. Dimana orang zaman dahulu menyakini di Gunung tempat dewa - dewa bersemayam," lanjutnya.

 ss

Wicaksono menargetkan di hari terakhir Kamis tanggal 21 Maret 2019 pihaknya mampu menjawab terkait temuan struktur bangunan apa yang ada di proyek Tol Malang - Pandaan tersebut.

Rencananya pada Selasa siang ini pihak BPCB akan melakukan langkah kordinasi dengan PT Jasamarga Pandaan Malang selaku operator pengerjaan proyek tol, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini