Share

Tiga Kota di AS Cetuskan #AmerikaBerSATU untuk Jokowi-Ma'ruf Amin

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 31 Maret 2019 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 31 605 2037315 tiga-kota-di-as-cetuskan-amerikabersatu-untuk-jokowi-ma-ruf-amin-mL0CCGeW00.jpg Relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Amerika Serikat. (Foto: Ist)

JAKARTA – Relawan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Kota New York, Amerika Serikat, yakni #RelawanJokowiNY, kembali mengadakan kegiatan untuk mempererat silaturahmi. Hal yang menarik, kegiatan pada Sabtu 30 Maret 2019 waktu setempat ini diselenggarakan secara serentak bersama para relawan dari Atlanta, Georgia, dan selatan Orlando, Florida.

Di bawah kepemimpinan sesepuh Soeko Prasetyo dan Aryani Hamid, acara di New York dimulai dari Times Square kemudian berakhir di bawah Jembatan Brooklyn serta ditutup dengan berfoto bersama.

Sekitar 200 relawan terlihat mempergunakan kaus Amerika Bersatu yang secara khusus dicetak untuk menunjukkan komitmen atas paslon nomor 1 tersebut. Turut hadir dalam acara ini Tricia Sumarijanto, penggagas gerakan Amerika Bersatu (#DC4Jokowi); Luska Lusitania, wakil Relawan Jokowi dari Connecticut (#RelawanJokowiCT); dan Ethmy Mowilos dari New Hampshire (#NH4Jokowi).

"Kami sangat senang dapat berkumpul kembali. Kegiatan ini, selain untuk mendukung paslon 01, juga untuk mempererat tali silaturahmi antarrelawan. Acara hari ini terasa spesial karena kami semua kompakkan seluruh Amerika," ujar Aryani.

Hal senada juga diucapkan Luska Lusitania, salah satu koordinator relawan Negara Bagian Connecticut yang bersebelahan dengan New York/New Jersey.

Sementara Tricia Sumarijanto, penggagas gerakan #AmerikaBersatu, sengaja jauh-jauh datang dari Washington DC untuk berkumpul bersama para relawan.

"Inilah yang kami impikan selama ini. Seluruh relawan bekerja sama dengan satu suara, seperti kata Quincy Jones pada saat rekaman 'We Are the World' yaitu 'Check your egos at the door' (tinggalkan ego Anda di depan pintu). Inilah spirit persatuan Indonesia yang harus terus dipupuk oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama di luar negeri," tutur Tricia.

Setibanya di Jembatan Brooklyn, para relawan membuka acara dengan pembacaan deklarasi yang dipimpin Syaiful Hamid. Acara ini pun ditutup dengan berfoto bersama.

"Saya sangat berharap acara ini tidak hanya berbuah dukungan konkret untuk Jokowi-Amin, untuk juga menjadi sarana networking bagi banyak orang Indonesian yang berdomisili di New York dan sekitarnya," ujar Aryani.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Atlanta, Georgia

Kemudian di Atlanta, Georgia, tepatnya di depan Gedung CNN Center Atlanta, 150-an relawan Jokowi-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam gerakan #AmerikaBerSATU dan #Atlanta4Jokowi berkumpul bersama-sama untuk mengadakan deklarasi. Acara ini dimulai pada pukul 12.00 siang waktu setempat dan berlangsung meriah.

Para relawan memilih halaman Gedung CNN untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut karena nilai historis lokasi itu dengan berbagai pergerakan masyarakat di Atlanta.

Daniel Fu, salah satu warga negara Indonesia yang sudah tinggal di Atlanta sejak 1974, mengatakan ingat ketika masyarakat juga menyelenggarakan aksi solidaritas di lokasi yang sama pada 1998. "Saya berharap jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali di Indonesia," ujarnya.

Mengenai Amerika Bersatu, Daniel berkomentar lebih lanjut, "Sudah saatnya kita semua yang berada di lapangan melakukan konsolidasi kekuatan. Kita berkumpul hari ini untuk meng-encourage orang tidak jadi golput, supaya lebih involved in Indonesian politics, dan yang paling penting untuk memberikan suara pilihnya untuk Jokowi di pemilu mendatang."

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Para relawan juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan antara lain 'Satu Nusa Satu Bangsa' dan 'Tanah Airku' yang ditutup dengan joget ria diiringi lagu 'Goyang Jempol Jokowi Gaspol' dan berfoto bersama. Para relawan kemudian melanjutkan silaturahmi dengan potluck di Centennial Park.

Orlando, Florida

Sementara di Orlando, Florida, relawan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menyelenggarakan Pasar Nusantara Florida di Kissimmee, sekira satu jam di selatan Orlando. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 relawan, dimulai tepat pukul 12.00 waktu setempat. Dibuka dengan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan pembacaan Pancasila serta UUD 1945.

Lusi Sumarna, salah satu koordinator acara #AmerikaBerSATU #Florida4Jokowi ini mengatakan, "Kami sangat senang atas partisipasi masyarat Indonesia pada acara ini. Ini jelas menggambarkan keinginan kuat untuk terpilih kembalinya Pak Jokowi."

Adapun suasana Indonesia sangat terasa dalam acara ini. Terlihat nasi campur padang, nasi pecel, soto betawi, bakso malang, ikan rica-rica, dan banyak lagi makanan yang bisa melepaskan kerinduan terhadap Tanah Air.

Panitia juga menyelenggarakan lomba makan kerupuk dan lomba bakiak untuk lebih memeriahkan serta mempererat tali persaudaraan sesama relawan di rantau. Antusiasme para relawan sangat terasa mengingat kegiatan lomba semacam ini hanya diselenggarakan di Indonesia pada acara 17-an.

"Teman-teman semua berharap Pak Jokowi terpilih kembali. Saya yakin Jokowi-Amin adalah pilihan terbaik untuk Indonesia," ujar Lusi.

Acara ini berakhir sekira pukul 15.00 waktu setempat dan ditutup dengan berfoto bersama.

Adapun ketiga kegiatan ini mengawali rangkaian kegiatan para relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Amerika Serikat yang tergabung dalam #AmerikaBerSATU. Konsolidasi nasional juga terus dilakukan di bawah kepemimpinan tiga koordinator nasional Amerika Bersatu yakni Jason Lie (CA), Lia Sundah Suntoso (NY), dan Tricia Sumarijanto (DC).

Kegiatan lainnya yang telah disusun sampai saat ini antara lain:

5 April

Malam Aloha BerSATU (#Hawaii4Jokowi)

Malam Bhineka Tunggal Ika dan Liwetan Bersama (#Philly4Jokowi)

6 April

Bazaar dan Deklarasi (#Houston4Jokowi)

Deklarasi #Oregon4Jokowi

Deklarasi #LA4Jokowi

Malam Bhineka Tunggal Ika (#RelawanJokowiNY)

Piknik Bersama #Dallas4Jokowi

7 April

Amerika BerSATU #Carolinas4Jokowi

Deklarasi #GreaterAustin4Jokowi

Jalan Maju Menapak Indonesia Maju (#Michigan4Jokowi dan #Ohio4Jokowi)

Festival Rakyat Indonesia Satu #FRIS (#DC4Jokowi)

Spring Picnic (#Sacramento4Jokowi dan #SFBayArea4Jokowi)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini