Usai Mencoblos, WNI di Kamboja Nikmati Pesta Rakyat

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 15:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 14 605 2043402 usai-mencoblos-wni-di-kamboja-nikmati-pesta-rakyat-LioaLcv82v.jpg Dubes RI untuk Kamboja turut hadir dalam pesta rakyat usai pencoblosan (Foto: KBRI Phnom Penh)

PHNOM PENH - Ada yang menarik di sela-sela kegiatan pencoblosan Pemilu 2019 yang berlangsung di TPSLN 01 Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu, 13 April 2019 kemarin. (13/04/19).

Usai mengikuti pesta demokrasi lima tahunan di sana, para WNI ini turut membaur dalam pesta rakyat yang terdiri dari bazar makanan, garage sales, hingga promosi motor dan produk Indonesia lainnya. Para WNI ini mulai berdatangan ke KBRI sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Kehadiran band asal Indonesia (ID Talent Band) sangat menghibur para WNI yang nampak berjoget bersama meski di tengah teriknya sinar matahari. Tak hanya itu, pesta rakyat dinikmati anak-anak yang mengikuti lomba menggambar dan mewarnai, serta karaoke bersama.

Pesta rakyat ini dipandu oleh Juwita Elmina Saragih dan Esti Nuryani selaku Guru BIPA yang ditugaskan oleh Kemendikbud RI untuk mengajar Bahasa Indonesia di Pusat Kebudayaan Indonesia di Kamboja (Pusbudi Nusantara).

KBRI Phnom Penh

"Ini paket lengkap, seusai pesta demokrasi, masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia di Kamboja bergabung di pesta rakyat yang sederhana namun bermakna sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan, semua orang bergembira dengan acara hiburan sambil menikmati makanan khas Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/4/2019).

Sudirman juga mengapresiasi penyelenggara pemilu di Kamboja yaitu PPLN dan KPPSLN Phnom Penh yang telah bekerja keras untuk menyukseskan pemilu serentak di Kamboja serta menghargai pemilih di Kamboja yang telah menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 kali ini.

KBRI Phnom Penh

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Phnom Penh, Arik Sugeng Mintorogo mengungkapkan bahwa pemungutan surat suara di Kamboja berlangsung di lima titik, yaitu Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) 01-Phnom Penh, Kotak Suara Keliling (KSK) 01-Bavet, KSK 02-Chrey Thom, KSK-03 Poipet, dan KSK-04 Sihanoukville dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di Kamboja sebanyak 3.243 orang.

Dari hasil pemungutan suara sejak 8-13 April 2019, terdapat lebih dari 95% partisipasi pemilih yang tercatat terhitung dari jumlah surat suara DPTLN +2 persen. Pemilu berlangsung lancar, aman dan sukses, warga antusias menyalurkan hak mereka dengan cara damai, tertib. Perhitungan surat suara Pilpres dan Pileg akan dilaksanakan pada 17 April 2019 pukul 13.00 di KBRI Phnom Penh.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini