Usai Mencoblos, Warga Santap Kuliner Nusantara di Kediaman Megawati

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 17 April 2019 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 17 605 2044608 usai-mencoblos-warga-santap-kuliner-nusantara-di-kediaman-megawati-FHALKRTKC4.jpg (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

JAKARTA - Indonesia menggelar pemilu serentak yang diselenggarakan di seluruh daerah. Pemerintah pun menetapkan hari ini sebagai libur nasional.

Sebagian besar TPS memiliki cara yang unik untuk merayakan pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali ini. Seperti terlihat pada TPS 62 Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang juga menjadi tempat Megawati Soekarnoputri mencoblos.

(Foto: Dimas Andhika)

Pihak panitia sudah menyiapkan beragam kuliner nusantara yang dapat dicicipi para pemilih seusai mencoblos. Layaknya promo-promo di restoran ternama, syarat untuk menikmati hidangan lezat tersebut, masyarakat harus menunjukkan tinta di jari kelingkingnya.

(Baca juga: Megawati: Apapun Hasil Pemilu Kita Harus Gembira, Tidak Ribut)

Berdasarkan pantauan Okezone, setidaknya ada 5 jenis kuliner nusantara yang disuguhkan di area TPS maupun di halaman kediaman Megawati Soekarnoputri. Mulai dari lontong sayur, soto ayam, kerak telor, es dawet, bir pletok, dan masih banyak lagi.

(Foto: Dimas Andhika)

Menurut penuturan Suminah, salah seorang penjaga stand makanan, tradisi ini sebetulnya sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelummya. Apalagi TPS 62 menjadi salah satu lokasi pemungutan suara yang ramai dikunjungi masyarakat.

"Ini murni inisiatif dari penduduk setempat. Alhamdulillah juga dapat bantuan dana dari Ibu Mega. Tujuannya untuk menyenangkan masyarakat juga. Apalagi TPS kami juga selalu dipenuhi awak media," kata Suminah.

(Foto: Dimas Andhika)

Untuk olahan lontong sayur, Suminah menyediakan 100 ketupat yang nantinya dibagi lagi menjadi 200 porsi. Total biaya yang ia keluarkan menyentuh angka Rp1,2 juta.

"Nanti siang menunya lebih beragam. Ada sayur asam pakai ikan asin, terus ada bakso dan lain-lain," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini