Surat Suara Tercoblos Paslon 01, Anggota KPPS Cipondoh Tangerang Sortir Ulang

Anggun Tifani, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 605 2044648 surat-suara-tercoblos-paslon-01-anggota-kpps-cipondoh-tangerang-sortir-ulang-Wt7OEYpgvF.jpg Temuan surat suara tercoblos pada paslon nomor urut 01 di Cipondoh, Tangerang, Rabu (17/4/2019). (Foto : Anggun Tifani/Okezone)

TANGERANG – Masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 65 di Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, mendapati adanya temuan surat suara yang sudah tercoblos.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke petugas KPPS setempat. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 08.00 WIB, saat salah satu warga hendak membuka surat suara di bilik suara.

Salah seorang anggota KPPS, Habib mengatakan, usai mendapat laporan ada surat suara tercoblos, pihak KPPS langsung memeriksa seluruh surat suara yang ada. Tampak pada surat suara tersebut, tercoblos ke arah gambar bagian pundak capres 01 Joko Widodo (Jokowi).

"Awalnya, ada salah satu masyarakat yang mau mencoblos. Begitu dibuka surat suaranya ternyata sudah tercoblos di kolom capres-cawapres nomor urut 01," ujarnya.

Usai temuan tersebut, para anggota KPPS langsung memeriksa seluruh sisa surat suara abu-abu atau surat untuk memilih capres-cawapres. Bentuk lubang itu pun, lanjut Habib, tampak seperti bentuk coblosan dengan benda tajam.

"Memang kalau dilihat, bentuk bolongnya itu memang seperti bentuk coblosan paku yang disengaja. Tapi, kita periksa semuanya. Ternyata tidak ada lagi. Akhirnya kita lanjutkan proses pencoblosan," ucapnya.

Dikonfirmasi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang, Agus Muslim mengakui, pihaknya telah menerima laporan tersebut dan langsung menginstruksikan dengan mengimbau agar surat suara segera dipisahkan.

TPS unik

"Kita langsung lakukan tindakan melekat. Surat suara tersebut kita minta untuk dipisahkan. Kita juga koordinasikan ke seluruh TPS di Kota Tangerang. Alhamdulillah belum ada laporan lagi," ucapnya.


Baca Juga : Ikut Nyoblos Pemilu 2019, Seorang Tahanan KPK Dukung Prabowo

Mengatasi hal ini, pihaknya akan menyelidiki jika pun ada temuan tertentu. "Kita akan lakukan penyelidikan dan klarifikasi pastinya. Sekarang lagi kita inventarisir karena jangan sampai hak suara terabaikan," tuturnya.


Baca Juga : Akibat Kelelahan, Anggota Polisi Meninggal Dunia saat Pengamanan di TPS

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini