Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri karena Jokowi Kalah di Wilayahnya, Ini Respons TKN

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 20:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 21 605 2046182 bupati-mandailing-natal-mengundurkan-diri-karena-jokowi-kalah-di-wilayahnya-ini-respons-tkn-UDBs1dFMzN.jpg Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto. (Dok Okezone)

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo- Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, bakal memastikan terlebih dahulu terkait kebenaran kabar surat pengunduran diri dari Bupati Mandailing Natal (Madina), Dahlan Hasan Nasution.

"Kami akan konsultasikan dulu, tentu saja saya juga belum melihat secara detil kami melakukan konfirmasi terlebih dahulu," ujar Hasto Kristiyanto saat ditemui di Grand Melia, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (21/4/2019).

Kendati demikian, Hasto Kristiyanto juga menegaskan bahwa perkara kemenangan atau kekalahan Jokowi-Maruf di wilayah tersebut bukan menjadi tanggung jawab dari kepala daerah setempat. Tetapi, tanggung jawab dari tim kampanye.

Lebih lanjut, Hasto puun mengatakan, posisi Dahlan Hasan sebagai bupati tidak termasuk ke dalam tim kampanye baik tingkat nasional maupun daerah. Pasalnya, kepala daerah tidak diperbolehkan menjadi bagian dari tim kampanye daerah (TKD).

Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Ist)

"Jadi kalau ketentuan undang-undang kan kepala daerah enggak boleh jadi ketua tim pemenangan, hanya jadi pengarah. Karena itu lah yang bertanggung jawab memenangkan atau tidak secara formal adalah tim kampanye itu sendiri. Karena itulah, kami yang bertanggung jawab," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kabar pengunduran diri melalui surat Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution dari jabatannya heboh di media sosial. Surat pengunduran diri itu pun ditujukan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.


Baca Juga : Bupati Mandailing Natal Diisukan Mengundurkan Diri karena Jokowi Kalah di Kabupatennya

Pengunduran diri itu dikabarkan dikarenakan buntut kegagalannya memenangkan Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 di wilayah tempatnya memimpin.

Baca Juga : Mendagri Sebut Alasan Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri Tak Lazim

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini