Hasil Akhir Quick Count Konsepindo: Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97%

Fahreza Rizky, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 21:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 21 605 2046194 hasil-akhir-quick-count-konsepindo-jokowi-ma-ruf-54-03-prabowo-sandi-45-97-SufILRJQQi.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin serta ketum parpol koalisi. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan hasil akhir hitung cepat (quick count) Lembaga Konsepindo Research & Consulting.

Direktur Eksekutif Konsepindo, Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan, total suara yang masuk mencapai 99,8%. Jokowi-Ma'ruf memeroleh suara 54,03% dan Prabowo-Sandiaga 45,97%.

"Artinya dengan data ini paslon 01 dipastikan akan jadi juara Pilpres 2019 ini," kata Veri dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (21/4/2019).

Hasil quick count yang dirilisnya, kata dia, tidak akan berbeda jauh dengan hasil real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia mengaku siap mempertanggungjawabkan data yang dirilisnya karena Konsepindo merupakan anggota Persepi.

"Quick count itu alat bantu saja. Kita jadi bisa tahu dengan cepat hasil pemilu. Menunggu sampai selesai penghitungan di KPU butuh waktu lama sekali. Metode quick count bisa dipelajari dan proses serta datanya bisa diaudit. Quick count juga merupakan partisipasi publik dalam pemilu yang diakui undang-undang," ujarnya.

Prabowo Klaim Menang 62 Persen Atas Petahana

Veri optimis kedua kubu akan menerima hasil rekapitulasi KPU sebagai keputusan yang sah. Keberatan atau gugatan atas keputusan itu sudah disediakan jalurnya. "Hasil akhir pasti penetapan dari KPU. Dari quick count yang sudah dipastikan 01 juaranya," katanya.


Baca Juga : Ramai-Ramai Serukan Rekonsiliasi Pasca-Pilpres 2019

Dalam hitung cepat yang dilakukan Konsepindo, populasi surveinya adalah seluruh TPS se-Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi. Setiap unit populasi (TPS) mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi unit sampel utama.

Jumlah TPS sampel ditetapkan sebanyak 2.000 TPS. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Diperkirakan margin of error sekira 1%, pada tingkat kepercayaan 99%. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 20% dari total sampel dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan spotcheck pascasurvei.


Baca Juga : Erick Thohir: Suara Jokowi Meningkat 7% Berkat Pemilih Milenial

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini