nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelompok Militan New IRA Minta Maaf Atas Kematian Jurnalis Muda Irlandia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 23 18 2047021 kelompok-militan-new-ira-maaf-atas-kematian-jurnalis-muda-irlandia-eCMPVwH3w8.jpg Foto: Reuters.

BELFAST – Kelompok militan Irlandia IRA Baru (New IRA) menyampaikan permintaan maaf atas terbunuhnya jurnalis Lyra McKee dan mengakui salah satu anggotanya terlibat dalam insiden itu.

Dalam pernyataan yang diterima Irish News pada Senin malam, organisasi yang menentang kesepakatan damai Irlandia Utara 1998 itu mendeskripsikan kematian McKee sebagai kejadian yang tragis dan menyampaikan “permintaan maaf yang tulus dan sepenuh hati” kepada pasangan, keluarga dan teman-teman McKee.

BACA JUGA: Jurnalis Muda Tewas Tertembak dalam Kerusuhan di Irlandia Utara

Mckee, seorang reporter berusia 29 tahun tewas tertembak di Londonderry pada Kamis saat menyaksikan kelompok pemuda nasionalis Irlandia bentrok dengan polisi menyusul aksi penggerebekan. Polisi mengatakan McKee tertembak ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah petugas.

New IRA mengatakan telah mengirim sukarelawan ke lokasi setelah polisi melakukan penggerebekan dan telah meminta mereka untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi polisi di masa mendatang.

"Kami telah menginstruksikan sukarelawan kami untuk berhati-hati di masa depan ketika terlibat dengan musuh, dan melakukan langkah-langkah untuk membantu memastikan hal ini," kata New IRA dalam pernyataannya sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (23/4/2019).

Kelompok itu adalah salah satu dari sejumlah organisasi kecil yang tetap aktif dan menentang perjanjian damai 1998, yang sebagian besar mengakhiri tiga dekade kekerasan di wilayah tersebut. New IRA jauh lebih kecil daripada Tentara Republik Irlandia (IRA), yang dilucuti setelah perjanjian damai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini