nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hebat! Seekor Lumba-Lumba Kawal Aksi Evakuasi Sebuah Kapal yang Macet di Tengah Laut

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 05:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 07 18 1730599 hebat-seekor-lumba-lumba-kawal-aksi-evakuasi-sebuah-kapal-yang-macet-di-tengah-laut-Wq31yDlmn3.jpg Lumba-lumba kawal evakuasi kapal yang macet di tengah laut. (Foto: BBC)

BELFAST - Memang sudah bukan rahasia lagi jika mamalia laut yakni lumba-lumba memang dikenal sebagai hewan yang pintar sekaligus ramah. Lumba-lumba juga dikenal sebagai mahluk yang baik hati. Hal ini dibuktikan dalam sebuah peristiwa yang menunjukkan bahwa lumba-lumba memang memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

Tak jarang kita mendengar kisah tentang lumba-lumba yang menolong manusia yang tengah tenggelam. Dan kali ini seekor lumba-lumba di Irlandia Utara turut membantu mengawal proses evakuasi sebuah kapal yang macet di tengah lautan.

Seperti dimuat BBC, Kamis (7/7/2017), sebuah kapal pesiar yang berlayar dari Bangor, Irlandia Utara menuju Scotland macet di tengah laut setelah mesin kapal terjerat dalam sebuah jaring ikan. Akibat mesin yang rusak tersebut kapal pun terombang-ambing di lautan.

Seolah mengerti bahwa terdapat masalah pada kapal sepanjang 9 meter yang ditumpangi dua orang tersebut, lumba-lumba itu pun mendekat. Beruntung, pengemudi kapal kemudian berhasil mengirim sinyal darurat untuk meminta pertolongan sehingga petugas penyelamatpun datang tak lama kemudian.

Lumba-lumba itu nampaknya ingin memastikan bahwa kapal tersebut sampai di tempat yang aman sehingga ia melakukan pengawalan proses evakuasi. Mamalia laut itu terus mengikuti kapal macet yang ditarik oleh petugas hingga sampai ke pelabuhan terdekat.

Musim panas yang kini telah tiba di membuat beberapa warga memilih menghabiskan waktu untuk berlayar. Atas insiden ini, seorang petugas penjaga pantai, Roy McMullan mengingatkan warga AS untuk membawa peralatan lengkap ketika memutuskan untuk berlayar.

"Berlayar memang menjadi sebuah hiburan menyenangkan pada saat ini. Kami meminta warga untuk selalu membawa jaket pelampung dan memastikan membawa alat komunikasi yang memadai saat berlayar," tukas Roy.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini