nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tentara India Klaim Temukan Jejak Kaki Mahkluk Mitos Yeti di Nepal

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 30 18 2049873 tentara-india-klaim-temukan-jejak-kaki-mahkluk-mitos-yeti-di-nepal-hJzK8gGBm9.jpg Jejak kaki yang diklaim sebagai milik Yeti yang ditemukan oleh tentara India. (Foto: Indian Army)

NEW DELHI – Tentara India pada Selasa mengklaim bahwa salah satu timnya telah menemukan jejak yang aneh di dekat Markas militer di Makalu, Nepal yang diyakini sebagai jejak kaki makhluk mitos yang keberadaannya selama ini masih menjadi misteri.

Dalam sebuah ekspedisi, tim Ekspedisi Pegunungan menemukan sebuah jejak kaki besar berukuran 32x15 inci (sekira 81x38 cm) yang tidak diketahui pemiliknya. Para tentara percaya bahwa jejak tersebut adalah jejak kaki Yeti.

“Untuk pertama kalinya, tim ekspedisi pendakian gunung tentara India telah menemukan jejak kaki misterius dari mahluk mitos ‘Yeti’ yang berukuran 32x15 inci di dekat markas Makalu pada 09 April 2019. Manusia salju yang langka ini hanya dapat dilihat di Taman Nasional Makalu-Barun,” demikian isi cuitan angkatan bersenjata India melalui Twitter sebagaimana dilansir India Times, Selasa (30/4/2019).

Menepis ejekan yang diterima terkait klaim tersebut, tentara India mengatakan bahwa ‘bukti’ mengenai manusia salju yang mengerikan tersebut sudah didokumentasikan dan diserahkan kepada ahlinya untuk evaluasi ilmiah.

Institusi itu menambahkan bahwa “bukti foto” tersebut mengenai manusia salju yang mengerikan itu sudah disimpan selama 10 hari, sebelum kemudian diputuskan bahwa jejak tersebut sangat cocok dengan teori sebelumnya.

Meski pencarian akan mahkluk mitos sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu, pencarian terhadap Yeti berawal ketika penjelajah Britsh Eric Shipton melihat jejak kaki yang tidak normal saat dia sedang mencari jalan lain untuk mendaki Gunung Everest pada 1950. Penemuan Shipton meningkatkan minat dunia mengenai misteri ini, mahkluk yang sangat langka.

Pada 1950, Pemerintah Nepal mengeluarkan lisensi berburu dengan harapan dapat menangkap mahkluk misterius tersebut.

Sejak saat itu banyak orang seperti warga, penjelajah, dan ilmuwan mengklaim bahwa mereka melihat Yeti atau menemukan jejak kakinya. Namun, sampai saat ini tidak ada satu klaim pun yang dapat dibuktikan.

(Nico Wijaya)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini