nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ritual Warga Semarang Bersih-Bersih Masjid di Bulan Ramadan

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 10 512 2054170 ritual-warga-semarang-bersih-bersih-masjid-di-bulan-ramadan-5N1ELRoPz4.jpg Bersih-bersih masjid di Semarang selama bulan Ramadan. (Foto : Taufik Budi)

SEMARANG – Warga Kota Semarang digiatkan untuk program bersih-bersih masjid dan musala tiap Jumat pada Ramadan 1440 H/2019. Sedikitnya terdapat 700-800 masjid dan musala di Kota Semarang yang akan dibersihkan dalam program tersebut.

Kegiatan yang dinamai Jumat Resik-Resik Masjid (Jarik Masjid) ini telah dilakukan sejak 2017. Untuk Jumat pertama di Bulan Rmadan bersih-bersih di Masjid Baitus Salam, Jagalan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

Dengan berbekal kain lap, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memimpin warga membersihkan jendela-jendela masjid yang berdebu. Selain itu, tampak pula pengurus takmir masjid yang menyapu, mengepel, dan mengelap noda-noda di lantai.

“Setiap Jumat semua kita ajak bergotong royong, baik rekan-rekan pengampu wilayah di tingkat kelurahan dan kecamatan, takmir dan warga itu melakukan aktivitas turun ke lapangan membersihkan masjid atau musala," ujar pria yang akrab disapa Hendi tersebut, Jumat (10/5/2019).

Bersih-bersih masjid di Semarang selama bulan Ramadan. (Foto : Taufik Budi)

"Selain itu, dengan kegiatan seperti ini tentu saja kita bisa bersilaturahmi. Saya jadi kenal dengan pengurus takmirnya,” tuturnya.

Menurutnya, terdapat 700 hingga 800 masjid dan musala di Kota Semarang akan dibersihkan melalui program tersebut. Dalam kesempatan itu, juga diberikan bantuan seperti alat salat berupa sejumlah mukena baru untuk disediakan di masjid tersebut.


Baca Juga : Alquran Raksasa Sedot Perhatian Jamaah Masjid di Makassar

"Kebersihan sebagian dari iman. Ketika kami melakukan upaya bersih-bersih ini untuk menunjukkan iman kita dan mendapatkan lebih banyak pahala di bulan Ramadan. Mudah-mudahan program ini bisa bermanfaat," tuturnya.


Baca Juga : Marak Tawuran di Jakarta saat Ramadan, Ini Tanggapan Anies

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini