nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Usulkan ASN Wajib Bayar Zakat Lewat Baznas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 16 337 2056508 jokowi-usulkan-asn-wajib-bayar-zakat-lewat-baznas-O3791ZMvGJ.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin potensi zakat umat Islam Indonesia bisa dimaksimalkan. Baznas memperkirakan potensi zakat mencapai Rp232 triliun dan hanya Rp8,1 triliun yang masuk ke Baznas.

"Oleh sebab itu potensi zakat yang besar di Indonesia harus bisa kita dimaksimalkan," kata Jokowi saat membayarkan zakatnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Jokowi menghargai adanya kenaikan pertumbuhan zakat di Baznas sebesar 26,64%. Menurut dia, kenaikan angka itu cukup besar namun tetap perlu adanya lompatan-lompatan besar.

Jokowi Bayar Zakat Mal

"Zakat sangat penting sekali untuk menggerakan baik pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Secara gamblang angka-angka juga sudah disampaikan ketua Baznas," imbuhnya.

Jokowi mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas. Ia pun mengusulkan agar Menag Lukman Hakim Saifuddin mendorong agar ASN bisa membayarkan zakatnya melalui Baznas.

(Baca Juga: Jokowi Serahkan Zakat Mal Rp55 Juta ke Baznas)

"Kalau dianggap sudah perlu ya didorong ke meja saya (agar pakai Perpres)," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin potensi pengumpulan dan penyaluran zakat bisa terintegrasi secara digital. Sehingga, pembayaran zakat bisa efektif dan efesien.

"Sekali lagi saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan tepat penyalurannya," tandasnya.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini