PP Muhammadiyah Minta MK Berdiri Tegak di Atas Keadilan dan Konstitusional

Kuntadi, Koran SI · Selasa 21 Mei 2019 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 605 2058623 pp-muhammadiyah-minta-mk-berdiri-tegak-di-atas-keadilan-dan-konstitusional-D07oWMeGej.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (foto: Okezone)

YOGYAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, berharap Mahkamah Konstitusi (MK) berdiri tegak di atas keadilan dan konstitusional. MK merupakan satu-satunya lembaga konstitusional yang bisa menerima aduan dari masyarakat terhadap proses dan hasil pemilu 2019.

“Jangan tutup mata dari aduan yang menyangkut pelanggaran, kesalahan dan kecurangan dalam pemilu,” terang Haedar usai bertemu dengan Gubernur DIY di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (21/5/2019).

Baca Juga: Jokowi Akan Hargai Prabowo-Sandi Bila Gugat Hasil Pilpres ke MK 

Menurut Haedar, MK harus bisa menyerap aspirasi dari masyarakat yang belum bisa menerima hasil pemilu dan pilpres yang diumumkan KPU. MK harus bekerja dengan cara yang professional dengan berdiri diatas keadilan. Keberatan itu harus disikapi secara seksama, transparan, obyektif, profesional dan berdiri tegak di atas keadilan dan konstitusi.

Muhammadiyah percaya, MK akan menjalankan tugas konstitusional dengan cara yang konstitusional, adil dan ada moralitas yang terpercaya. "InsyaAllah dengan cara itu, masyarakat akan percaya," sambungnya.

Koridor dalam berbangsa dan bernegara adalah hukum, sehingga konteks yang ada harus kembali pada ayat 3 (1) UUD 1945. Untuk itulah semua masalah yang menyangkut sengketa warga negara dan semua pihak, satu-satunya jalan adalah jalan hukum.

“Kami juga minta kepada aparat hukum sampai MK agar hukum dijalankan se-objektif mungkin dan seadil-adilnya, Agar memenuhi rasa tuntutan dan keadilan,” terangnya.

Baca Juga: Prabowo-Sandi Akan Ajukan Gugatan ke MK, PDIP: Ini Sebuah Langkah Kemajuan

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini