nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Segera Rampungkan Kasus Suap Eks Dirut Garuda Emirsyah Satar

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 00:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 24 337 2060137 kpk-segera-rampungkan-kasus-suap-eks-dirut-garuda-emirsyah-satar-TsynynXMTj.jpg Ketua KPK, Agus Rahardjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berjanji pihaknya segera merampungkan berkas penyidikan perkara suap pengadaan mesin pesawat Airbus A330-300 PT Garuda Indonesia dari perusahaan asal Inggris Rolls-Royce yang menyeret mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Tbk, Emirsyah Satar.

Agus menargetkan bahwa berkas perkara kasus ini dapat dilimpahkan ke tahap penuntutan dan menyeret kedua tersangka ke Pengadilan Tipikor pada akhir Juli mendatang.

"Paling lambat Juli kami sudah limpahkan ke persidangan," kata Agus di sela buka puasa bersama awak media di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Menurut Agus, penyidikan kasus ini telah memasuki tahap akhir. Apalagi, KPK saat ini telah menerima sejumlah dokumen penting dari otoritas Singapura.

Dokumen dari otoritas Singapura ini diperlukan KPK karena Connaught International milik Soetikno yang diduga menerima uang dari Rolls-Royce untuk Emirsyah beroperasi di negeri jiran tersebut.

Emirsyah Satar

"Paling akhir Juli sudah proses, Insya Allah, kerena kita sudah terima berkasnya semua dari Singapura," tutur Agus.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka, mereka adalah Emirsyah Satar dan Beneficial Owner Connaught Intenational Pte. Ltd, sekaligus pendiri Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo. Emir sendiri diduga menerima sejumlah uang dari Soetikno Soedarjo yang juga diduga sebagai perantara pihak Rolls-Royce di Indonesia.

Suap tersebut diberikan dalam bentuk uang dan barang. Dari pengembangan sementara Emir menerima 1,2 juta Euro dan USD180 ribu atau setara Rp20 miliar. Dan barang yang diterima senilai USD2 juta, yang tersebar di Singapura dan Indonesia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini