nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi 22 Mei, Pemprov DKI Gelontorkan Rp465 Juta untuk Perbaiki Fasilitas Umum

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 03:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 25 338 2060186 aksi-22-mei-pemprov-dki-gelontorkan-rp465-juta-untuk-perbaiki-fasilitas-umum-CeWv9053pw.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut, pihaknya harus menelan kerugian senilai Rp 465 juta akibat adanya kerusuhan aksi 21 dan 22 Mei lalu. Hal itu untuk perbaikan berbagai taman yang rusak karena terinjak-injak oleh peserta demonstrasi.

Anies menuturkan, anggaran itu sudah tersedia di dalam dana perbaikan yang ada di dalam APBD DKI 2019. Kata dia, hanya karena ada peristiwa kerusuhan itu saja, sehingga harus diperbaiki sekarang.

"Iya ada (kerusakan). Jadi terutama terjadi pada taman, yang paling banyak itu adalah kerugian kerusakan taman dan pagar itu Rp 465 juta. Itu angka perbaikan, nilai perbaikannya. Itu biaya langsung yang terkena dari kejadian kemarin," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Aksi 22 Mei

Anies mengatakan, bahwa perbaikan fasilitas akibat bentrokan massa aksi saat 22 Mei lalu bukanlah perbaikan secara total. Ia mengaku belum mengetahui secara detail mengenai taman-taman mana saja yang harus diperbaiki.

"Saya belum lihat detilnya. Ini baru angka perbaikan yang diberikan. Tapi saya rasa perbaikan itu bukan perbaikan total. Seperti kalo taman itu harus diperbaiki. Itu pasti sebagiannya diperbaiki. Tapi bukan kemudian habis. Kan gak ada taman yang habis sama sekali. Ini hanya tanaman-tanamanya aja," kata dia.

Menurut dia, perbaikan sejumlah fasum yang hancur akibat aksi 22 Mei akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, ia tak membeberkan ihwal waktu tepatnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini