nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata di Jakarta Ada Kampung Jaga Monyet, Bagaimana Kisahnya?

Edi Hidayat, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 18:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 338 2066533 ternyata-di-jakarta-ada-kampung-jaga-monyet-bagaimana-kisahnya-JGbxDVX6zu.jpg Kota Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seiring tumbuh kembang Kota Jakarta, banyak sejarah yang terkikis hingga terlupakan. Salah satu kampung unik yang pernah ada di Jakarta ternyata bernama Kampung Jaga Monyet.

Dilansir dari buku Ensiklopedia Jakarta, Kampung Jaga Monyet terletak di kawasan antara Harmoni dan Petojo. Kini kawasan tersebut berubah nama menjadi jalan Sukardjo Wiryopranoto.

Namun begitu, banyak yang tidak kenal siapa tokoh yang dijadikan nama jalan yang menghubungkan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat ini. Padahal Jaga Monyet sudah ada sejak zaman VOC.

Baca Juga: Asal-Usul Nama Kawasan Cawang di Jakarta

Harmoni

Asal usul nama Kampung Jaga Monyet terjadi kabarnya saat Batavia sering diserang gerilyawan Islam Banten dari arah Grogol dan Tangerang. Untuk mengantisipasi serangan, belanda membangun benteng di daerah ini.

Tapi, para pasukan Belanda ternyata lebih sering menghadapi monyet yang berkeliaran daripada musuh, maka tempat penjagaan itu dinamai Jaga Monyet, sekaligus jadi nama kampung di sekitarnya. (edi)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini